Yuk Disimak, Begini Cara Mencuci Pakaian Yang Benar

Kebanyakan orang akan langsung memasukkan semua pakaian kotor ke dalam mesin cuci, tanpa memperdulikan jenis kotoran, bahan pakaian, warna pakaian dan lainnya. Targetnya hanya kapasitas maksimal dari mesin cuci itu sendiri. 

Padahal mencuci pakaian tidak sesederhana itu, butuh teknik khusus yang wajib dilakukan agar hasil cucian bersih maksimal, dan pakaian yang dicuci lebih awet. Kita simak yuk beberapa hal yang wajib diperhatikan saat akan mencuci pakain. 

  • Pisahkan Sesuai Jenis Nodanya

Sebelum mencuci pastikan pakaian dipisahkan sesuai dengan jenis nodanya. Misalnya, pakaian olahraga yang dipenuhi dengan keringat, jangan disatukan dengan pakaian berkebun yang penuh dengan lumpur, begitupun pakaian tidur, dan jenis pakaian lainnya. 

Semua pakaian tersebut harus dipisah sesuai dengan jenis nodanya. Alasannya, agar noda yang lain tidak menempel pada pakaian tersebut, Anda bisa lebih mudah memilih mode mencuci pada mesin cuci, dan agar hasil cucian bisa lebih bersih maksimal. 

  • Pisahkan Sesuai Warnanya

Jika semua pakaian yang Anda cuci masuk dalam kategori noda ringan, maka pisahkan pakaian sesuai dengan warna pakaian tersebut. Untuk warna-warna cerah, seperti kuning, pink dan lainnya, harus dicuci terpisah dengan pakaian yang berwarna gelap, seperti biru dongker, hitam dan lainnya.

Sementara untuk pakaian berwarna-warni, Anda bisa melihat warna dominannya, atau dimasukkan saja ke dalam kategori warna cerah. Untuk warna putih sebaiknya dicuci secara terpisah karena warna pakaian ini sangat rentan dengan ‘muntahan’ warna dari pakaian lain. 

  • Pisahkan Berdasarkan Bahan

Bukan berarti Anda harus mengenali semua jenis bahan pakaian, yang perlu dipahami hanyalah, bahan pakaian dipisahkan dengan kategori bahan kasar, menengah dan lembut. Misalnya untuk pakaian berbahan katun atau sutra, jangan dicuci bersama dengan pakaian berbahan jeans. 

Alasannya, pakaian berbahan jeans termasuk dalam kategori bahan kasar sehingga berpotensi merusak serat kain dari sutra atau bahan kain lembut lainnya. Selain itu, sekarang ini ada beberapa mesin cuci yang memberikan fitur khusus untuk mencuci bahan-bahan halus.

  • Gunakan Teknik Prewash

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik ini. Untuk beberapa jenis kotoran, seperti noda lumpur, noda darah atau tinta, sebaiknya dicuci secara terpisah. Namun sebelum itu, Anda dituntut untuk membersihkan noda fisiknya terlebih dahulu dengan teknik prewash. 

Caranya, ambil deterjen kemudian oleskan ke area pakaian yang terkena noda. Gosok area tersebut dengan sikat halus. Pastikan semua noda fisiknya terangkat, dan bilas hanya di bagian tersebut. Baru setelah itu Anda bisa mencampurkan pakain tersebut sesuai dengan kategori bahannya. 

  • Periksa Kapasitas Mesin Cuci

Pastikan Anda mengetahui daya tampung maksimal dari mesin cuci yang digunakan, setelah itu sebaiknya gunakan hanya sekitar 70-80% dari kapasitas daya tampung maksimal mesin cuci tersebut. Alasannya agar kinerja mesin cuci lebih ringan, dan hasil cucian lebih maksimal.

Jangan khawatir, Hisense punya banyak pilihan mesin cuci yang mampu menampung lebih banyak cucian, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencuci, diantaranya Hisense WTAS901G Top Load yang dapat menampung cucian hingga 9 Kg

Tidak hanya itu, mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur turbo drum yang mampu memberikan putaran maksimal, sehingga efek yang dihasilkan adalah, cucian yang jauh lebih bersih, tidak kusut, serat kain yang lebih lembut, warna pakaian jadi lebih cerah dan jauh lebih hemat air.

Tidak hanya itu, mesin cuci ini pun dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang membuatnya jauh lebih unggul ketimbang merek lainnya, diantaranya 

  • Time remaining indicator yang berfungsi untuk mengetahui waktu sisa pencucian, sehingga Anda bisa fokus melakukan pekerjaan lain tanpa harus khawatir dengan cucian. 
  • 10 water level selection yang berfungsi untuk menyesuaikan kebutuhan air dengan jumlah cucian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci.
  • Child lock, fitur keamanan yang berfungsi agar anak-anak tidak ‘ngoprek’ pengaturan mesin cuci, dan memberikan rasa aman kepada Anda selama meninggalkan cucian.
  • 3D Windmill Pulsator, fitur yang berguna untuk meningkatkan kinerja pembersihan serta mengurangi kusut pada pakaian, dan memberikan hasil cucian bersih maksimal.
  • Desain drum berbentuk snowflakes yang membuat cucian jadi lebih bersih, menjadikan pakaian tetap lembut, dan warna pakaian yang tetap cemerlang.

Selain itu, mesin cuci ini pun dilengkapi dengan fitur water and energy saving, 10 pilihan program otomatis yang memudahkan Anda mencuci sesuai dengan jenis kain dan noda yang harus dibersihkan, Air Dry, Tub Clean, Fault Diagnosis dan berbagai fitur menarik lainnya.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024