Wajib Tahu, Ini Beda Smart TV Android dan Smart TV

Belakangan ini kita sering mendengar nama smart TV dan android TV. Seperti kita ketahui, android sendiri merupakan sistem operasi besutan Google yang banyak disematkan dalam produk-produk smartphone zaman sekarang. Karena inilah banyak orang yang menilai jika smart TV dan android TV merupakan dua produk yang sama, dengan fungsi dan karakter yang sama. Yang membedakan hanya tipe dan mereknya saja, sama seperti tipe dan merek smartphone yang banyak tersebar luas di masyarakat.

Padahal faktanya, baik smart TV maupun android TV, keduanya merupakan produk yang berbeda. Bukan hanya dari tipe dan mereknya saja, namun perbedaan ini berlaku pada jenis perangkat dan sistem operasi yang digunakan. Kesamaannya hanya satu, kedua produk ini mengusung fitur yang lebih canggih ketimbang produk TV tradisional yang terbatas pada fungsi utamanya sebagai media hiburan audio dan visual. Lantas apa sih perbedaan antara smart TV dan android TV?

Smart TV atau TV Pintar

Smart TV atau TV pintar merupakan jenis televisi yang tidak hanya digunakan untuk nonton TV, namun juga bisa digunakan untuk mengakses Internet, menonton layanan Internet seperti YouTube, dan lainnya. Karena keunggulannya inilah smart TV kerap disebut juga dengan istilah Internet TV.

Kelebihan lainnya, jenis TV ini bisa terhubung dengan koneksi Internet menggunakan jaringan Wi-fi. Fungsinya cukup luas, bukan hanya sekedar menonton film atau menikmati layanan streaming saja, tapi juga bisa digunakan untuk melakukan browsing di internet.

Kepintaran lainnya, Smart TV bisa digunakan untuk melakukan beberapa fungsi lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh TV konvensional, diantaranya:

  • Memungkinkan untuk melakukan streaming musik favorit secara instan, bermain game dan sejumlah aktivitas liburan lainnya.
  • Bisa digunakan untuk memasang aplikasi tertentu layaknya smartphone, meski aplikasi yang bisa diunduh masih sangat terbatas, dan sangat bergantung kepada pihak pabrikan.
  • Bisa digunakan untuk menampilkan layar smartphone ke televisi tanpa menggunakan kabel. Ini memungkinkan berkat kehadiran fitur Screen Mirroring.
  • Bisa menerima perintah suara, jadi tidak bergantung kepada remote TV.

Selain itu, smart TV juga menyediakan desain yang lebih elegan. Bahkan untuk beberapa merek menyajikan produk dengan bezel atau bingkai yang sangat tipis, sehingga bisa dengan mudah menyatu dengan konsep desain interior rumah Anda. Ada banyak pilihan produk Smart TV yang bisa Anda pilih, yang paling direkomendasikan adalah produk-produk dari Hisense, seperti Laser TV – HE100L5, Smart TV – 75A7500F, Smart TV – 58A7100F, Smart TV – 43A7100F dan pilihan produk menarik lainnya.

Smart Android TV

Smart Android TV merupakan penyempurna dari teknologi smart TV. Perbedaan yang paling mencolok adalah kehadiran sistem operasi Android yang disematkan dalam televisi jenis ini. Sementara Smart TV biasa masih menggunakan sistem operasi bawaan pabrik.

Smart Android TV juga dilengkapi dengan RAM dan memori penyimpanan, akses tak terbatas ke Google Play Store, Google voice input, bisa bermain game yang support dengan sistem operasi Android, dan bahkan bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa terhubung langsung dengan akun android yang ada di dalam smartphone. Dengan kelebihan ini Anda bisa dengan mudah menggunakan satu akun untuk dua perangkat yang menyediakan konten streaming berbayar, seperti Netflix, Viu, HBO dan lainnya.

Kelebihan lainnya yang tidak didapat Smart TV biasa adalah, Smart Android TV memungkinkan Anda untuk melakukan update firmware secara berkala, sementara smart TV biasa sangat bergantung kepada kebijakan pihak pabrikan.

Kesimpulannya, memiliki Smart Android TV membuat Anda seolah-olah memegang smartphone Android yang bisa digunakan untuk fungsi yang lebih luas, sementara Smart TV biasa seolah-olah Anda baru menggunakan ponsel biasa sebelum era smartphone Android. Hisense menyediakan banyak produk Smart Android TV yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, diantaranya Android TV – 70A6500G, Android TV – 58A6500G, Android TV – 43A6500G, Android TV – 55E7G, dan produk menarik lainnya.