TV di Rumah Rusak, Mungkin Ini Penyebabnya!

TV Rumah

Saat TV LED terbaik rusak, pasti kamu jengkel, kan? Bagaimana tidak, kerusakan tersebut menimbulkan beberapa kerugian seperti aktivitas menonton televisi menjadi terganggu, tak bisa lagi menyaksikan acara kesukaan, dan lain sebagainya. Namun demikian, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan mengapa televisi di rumahmu bisa rusak sekalipun belum terlalu lama digunakan. Apa sajakah? Simak langsung, deh!

  • Kabel power bermasalah.Ketika TV rusak, jangan langsung memanggil jasa reparasi TV namun periksa dulu kabel power pada televisi. Bisa saja kerusakan yang terjadi disebabkan oleh kabel power terbelit, pemasangannya tidak pas, atau sudah longgar. Apabila kamu menemukan hal semacam ini, tandanya kamu hanya perlu mengganti kabel tersebut dengan yang baru dan televisi di rumah pun sudah bisa digunakan seperti sediakala.
  • Kabel audio tidak tercolok. Kamu mungkin pernah mengalami kejadian di mana televisi tiba-tiba tidak mengeluarkan suara padahal tidak diutak-atik sama sekali. Tenang, tak usah panik, kamu hanya perlu mengecek bagian kabel audio televisi. Biasanya, saat kabel audio tidak tercolok dengan sempurna maka secara otomatis suara pada televisi akan langsung mati. Untuk itu, cek dulu bagian ini ketika televisi kamu tidak mengeluarkan suara.
  • Panel board rusak. Muncul garis-garis di televisi? Tidak menutup kemungkinan, kemunculan garis-garis tersebut akibat panel board rusak. Atau kondisi ini bisa terjadi karena adanya gelombang magnetik yang dihasilkan oleh perangkat elektronik lain yang letaknya sangat berdekatan dengan televisi. Karena itu, pastikan perangkat tersebut diletakkan di tempat yang saling berjauhan, ya!
  • Perubahan warna. Kerusakan yang terjadi juga bisa disebabkan oleh distorsi atau perubahan warna pada televisi. Jika mengalami kondisi ini, maka kamu bisa mematikan dan menghidupkan televisi. Atau bisa pula mencabut kabel power dan biarkan selama 1 menit. Apabila masalah tidak hilang, mungkin televisi kamu sedang overheat dan bagian panel board rusak.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan televisi di rumah rusak. Nah, sebelum kamu berencana membeli televisi baru, alangkah baiknya baca dulu beberapa hal penting yang sudah dituliskan di atas, ya. Semoga bermanfaat!