Trik Pasang AC Efektif, Sesuai Dengan Kebutuhan

AC kini bukan lagi barang mewah, namun salah satu kebutuhan yang harus terpasang di setiap rumah, terutama di wilayah dengan suhu udara yang cukup panas. Namun jangan asal pasang, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda. 

Berikut merupakan beberapa trik memasang AC sesuai dengan kebutuhan.

  • Sesuaikan Dengan Daya Listrik

AC membutuhkan pasokan daya listrik yang cukup besar, terutama saat hentakan pertama. Maka dari itu, sebaiknya hitung kembali kapasitas daya listrik di rumah Anda, dan pastikan masih ada sisa daya yang digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Anda bisa mulai menghitung dengan mengetahui konsumsi daya dari perabotan di rumah, mulai dari mesin cuci, kulkas, TV, rice cooker, pompa air, water heater, dan lainnya, kemudian tambahkan daya yang dibutuhkan untuk AC. Pastikan margin sisa daya yang tidak terpakai lebih dari 300-500 watt.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memanggil petugas PLN atau teknisi yang mengerti tentang dunia kelistrikan untuk menghitung jumlah daya dan sisa beban yang tersedia.

  • Perhatikan Kapasitas AC

Satuan ukuran AC atau yang dikenal dengan istilah PK, merupakan hal yang wajib diperhitungkan. Ini berkaitan dengan luas ruangan yang dapat dicover oleh AC tersebut, konsumsi daya, dan berhubungan langsung dengan efektivitas kinerja dari AC tersebut.

Umumnya di pasaran Anda akan menemukan AC dengan ukuran 0.5-2 PK. Makin besar ukurannya, semakin luas juga daya cover dari AC tersebut, otomatis konsumsi daya dari AC tersebut akan semakin besar, dan harganya sedikit lebih mahal. 

Jika tidak mengerti terkait masalah ini, Anda bisa meminta bantuan tukang AC untuk menghitung luas ruangan, dengan kapasitas AC yang dibutuhkan. 

  • Perhatikan Ruangan dan Penempatan AC

Selain memperhatikan besaran atau luas ruangan yang akan di cover, Anda pun wajib memperhatikan ventilasi dari ruangan tersebut. Terlalu banyak bukaan justru akan membuat kinerja AC semakin berat, dan mengkonsumsi daya yang lebih tinggi. Selain itu, proses pendinginan pun jadi kurang efektif. 

Makanya, sebelum pasang AC pastikan lubang-lubang ventilasi ditutup dulu. Perhatikan juga penempatan dari AC tersebut. Ini wajib dipertimbangkan, mengingat setiap ruangan punya titik fokus utama yang ingin didinginkan, atau jadi spot prioritas Anda. 

Selain alasan fungsional, tata letak atau penempatan AC bisa berfungsi sebagai dekorasi yang dapat memperindah ruangan Anda. 

  • Pilih AC Dengan Fitur Komplit

Saat ini banyak produk AC yang memberikan fitur tambahan, mulai dari self cleaning, automatic Protection, self diagnosis, hingga gas leakage detection. Selain itu, ada juga AC yang memiliki fitur membunuh bakteri dan kuman berbahaya dalam ruangan, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Salah satu produk yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah produk AC dari HISENSE. Selain dikenal karena harganya yang sangat terjangkau dengan usia pakai yang lebih panjang, ternyata AC HISENSE dibekali dengan banyak fitur menarik yang tidak didapat dari produk lainnya. 

Contohnya AC Split 0,5PK – AN05CEG, AC Split 0,5PK – AN05CDG, AC Split 1PK – AN09CDG, AC Split 1,5PK – AN12CDG, hingga AC Split 2PK – AN18CDG. Semua produk tersebut disajikan dengan berbagai fitur canggih, seperti LED Screen, Smart Mode, dan lainnya. 

Anda bisa mendapatkan produk tersebut di toko elektronik terdekat, atau di beberapa situs e-commerce seperti Electronic City, JD.id, Shopee, Akulaku, dan Lazada.