Trik Menghemat Listrik Saat Mencuci

Meski sangat membantu, namun penggunaan mesin cuci masih dikeluhkan banyak orang. Selain tagihan air yang lebih tinggi, mencuci dengan mesin cuci dapat membuat budget listrik bertambah. Hal ini cukup wajar, mengingat kebanyakan mesin cuci bisa memakan daya hingga 300-400 Watt.

Tapi sekarang nggak khawatir lagi. Anda bisa mengakali melambungnya budget listrik dan tagihan air ini dengan teknik ‘mencuci cerdas’. Bagaimana caranya? Mudah kok, ikuti saja triknya berikut ini.

  • Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Beberapa orang membeli mesin cuci karena faktor ikut-ikutan atau asal murah saja. Padahal pemilihan mesin cuci sangat berpengaruh besar pada kualitas hasil cucian, efektivitas dalam mencuci, hingga tagihan bulanan untuk air dan listrik. 

Maka dari itu pastikan Anda memilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan. Misal, jika Anda masih menggunakan air sumur, mesin cuci dua tabung bisa jadi pilihan utama. Hal ini disebabkan karena mesin cuci dua tabung unggul di konsumsi listrik, tapi sedikit boros dalam penggunaan air. 

Selain itu, perhatikan juga kapasitas mesin cucinya. Untuk keluarga kecil dengan 2 orang anak, mesin cuci berkapasitas 7 Kg sudah cukup efektif, namun jika Anda termasuk dalam kategori keluarga besar, pilih mesin cuci dengan kapasitas 8-9 Kg atau diatasnya.

  • Frekuensi Mencuci

Beberapa orang ada yang melakukan aktivitas mencuci setiap hari, sedangkan yang lainnya memilih seminggu sekali atau seminggu 2 kali. Manakah yang lebih baik?

Mengenai hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kapasitas mesin cuci. Jika Anda memiliki mesin cuci dengan kapasitas 7 Kg, dan cucian diperkirakan sudah mencapai 5 Kg, maka segera cuci (meski setiap hari Anda melakukannya). 

Intinya, cuci pakaian ketika jumlah cucian sudah mencapai kapasitas maksimal dari mesin cuci yang digunakan. Ini pun jadi alasan kenapa Anda harus memilih mesin cuci sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Ini dilakukan untuk mencegah cucian menumpuk terlalu lama. 

  • Gunakan Pengeringan Alami

Menggunakan mesin pengering memang mampu memangkas lebih banyak waktu mencuci, tapi resikonya adalah, tagihan listrik yang membengkak. Untuk mengakalinya, Anda disarankan untuk menggunakan mesin kering setelah bilasan terakhir, sebelum pakaian dijemur. 

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan mesin cuci hanya untuk mencuci saja. Sementara untuk mengeringkan pakaian, gunakan pengeringan alami, seperti pakaian diperas, kemudian langsung dijemur. Atau bisa juga mesin pengering hanya digunakan untuk jenis pakaian tertentu saja. 

Cara ini memang sedikit melelahkan dan memakan waktu yang cukup lama, tapi hasilnya cukup efektif memangkas tagihan listrik saat menggunakan mesin cuci. 

  • Pilih Mesin Cuci Hemat Daya

Ini yang terpenting. Setiap brand menawarkan mesin cuci dengan konsumsi daya yang berbeda-beda. Sebelum membeli mesin cuci, pastikan Anda memilih produk mesin cuci yang membutuhkan konsumsi daya terkecil, lebih hemat air, tapi berkualitas tinggi. 

Salah satu brand yang paling direkomendasikan adalah HISENSE. Produk mesin cuci dari HISENSE ini dikenal berkualitas tinggi, mudah dalam perawatan, mampu memberikan hasil cucian yang lebih bersih, cepat, dan pastinya jauh lebih hemat daya.  

Kelebihan lainnya, mesin cuci dari HISENSE dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Beberapa produk mesin cuci yang direkomendasikan untuk Anda adalah Top Load 13KG – WTJA1301D, Top Load 10.5 KG – WTHD1101T, Twin Tub 9KG – WSAC 901W, Twin Tub 8KG – WSAC801W, Twin Tub 7KG – WSAC701W, dan produk lainnya.