Trik Mencuci Baju Olahraga Yang Benar, Bebas Bau dan Bakteri

Belakangan ini banyak orang mulai sadar akan pentingnya berolahraga. Selain untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, olahraga sangat penting sebagai pelepas stres, menjaga kebugaran tubuh, dan mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Untuk menunjang aktivitas olahraga Anda, pastikan untuk mempersiapkan pakaian yang tepat, nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, pakaian olahraga pun harus dicuci hingga bersih untuk mencegah terjadinya tumpukan bakteri. 

Berikut beberapa trik yang bisa Anda perhatikan untuk mencuci baju olahraga dengan cara yang benar, agar pakaian Anda terbebas dari bau dan bakteri. 

  • Perhatikan Label Pakaian

Biasanya dalam pakaian terdapat label khusus yang memuat informasi terkait spesifikasi bahan dan cara mencuci yang direkomendasikan, seperti suhu air yang digunakan untuk mencuci, larangan menggunakan mesin pengering, larangan menjemur dibawah terik matahari dan kode lainnya.

Informasi tersebut memang kebanyakan hanya berupa simbol-simbol umum, namun dengan mempelajari simbol tersebut Anda akan mendapatkan informasi yang akurat terkait cara perawatan produk pakaian tersebut. 

  • Gantung Dulu Sebelum Dicuci

Kebanyakan orang akan langsung memasukkan pakaian yang basah dengan keringat ke dalam mesin cuci. Lebih parahnya lagi, terkadang pakaian tersebut disatukan dengan pakaian lainnya. Ini salah besar karena bakteri dalam pakaian tersebut bisa saja menyebar pada pakaian lainnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya gantungkan dulu pakaian yang basah dengan keringat agar keringat tersebut mengering. Setelah itu Anda bisa langsung mencucinya, tapi ingat pastikan pakaian olahraga dicuci terpisah dari pakaian lainnya. 

  • Gunakan Deterjen Secukupnya

Gunakan deterjen secukupnya saja, jangan berlebihan. Meski beberapa produk deterjen mengklaim dapat membunuh bakteri, tapi terlalu banyak menggunakan deterjen beresiko menyebabkan serat kain menjadi rusak. Imbasnya, pakaian jadi terasa lebih kasar dan mudah sobek.

Selain itu, hindari menggunakan pelembut berlebihan. Pasalnya, penggunaan pelembut secara berlebihan akan menyebabkan pakaian terlalu lembut dan menyebabkan sulit menyerap keringat, beresiko menyebabkan iritasi, dan tidak nyaman saat digunakan. 

  • Keringkan Dengan Maksimal

Pastikan pakaian olahraga yang sudah dicuci dijemur di tempat terbuka, tapi tidak langsung terkena terik matahari. Jika ingin lebih cepat kering, pakaian bisa dijemur di bawah matahari pagi (sebelum jam 9 pagi), kemudian cukup diangin-anginkan saja. 

Selain pagi hari, Anda bisa menjemur pakaian olahraga di sore hari setelah jam 3 sore. Hal ini dilakukan untuk mencegah paparan sinar UV yang dapat merusak serat kain. Tapi ingat, pastikan pakaian sudah kering maksimal sebelum dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari.

  • Gunakan Mesin Cuci Terbaik

Pastikan untuk menggunakan mesin cuci berkualitas terbaik agar proses pencucian berjalan maksimal. Beberapa produk mesin cuci juga sudah dilengkapi dengan fitur khusus yang dapat membantu proses pencucian lebih maksimal, beban bau dan anti-bakteri. 

HISENSE merupakan produsen mesin cuci yang konsisten menghadirkan produk mesin cuci terbaik. Tidak hanya sekedar membersihkan, produk mesin cuci HISENSE dapat membantu merawat serat kain, sekaligus mencegah bakteri menempel pada pakaian Anda. 

Ada banyak produk mesin cuci HISENSE yang bisa dipilih sebagai solusi mencuci harian Anda, diantaranya mesin cuci Top Loading 10.5KG-WTHD1101T, Top Loading 9KG-WTAS901G, Top Loading 10.5KG-WTCS1101G, Top Loading 8KG-WTAR801G, dan lainnya. 

Produk-produk tersebut bisa Anda dapatkan di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau di situs e-commerce seperti JD.ID, Lazada, Akulaku dan Shopee.