Tidak Boleh Asal Simpan, Ini Area Terbaik Meletakkan Air Purifier

Polusi udara merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi banyak penduduk dunia, termasuk di Indonesia. Resiko polusi udara ini semakin tinggi menimpa mereka yang hidup di area perkotaan, komplek industri atau masyarakat yang tinggal di pinggir jalan utama. 

Tentu tidak bisa dianggap enteng, pasalnya polusi udara bisa mendatangkan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dalam Aeris Health, polusi udara telah membawa banyak masalah kesehatan, dan jadi penyebab kematian sebanyak 4,2 juta orang per tahun.

Sementara laporan dari WHO menyebut jika 91% orang saat ini berada di lingkungan dengan tingkat kebersihan udara di bawah standar. Angka ini berpotensi semakin tinggi seiring dengan tingginya angka pembukaan komplek industri baru, dan tipisnya area penghijauan.

Untuk mengatasi masalah ini banyak orang yang mulai menggunakan pembersih udara atau yang dikenal dengan nama air purifier. Di pasaran sendiri terdapat banyak jenis air purifier yang dijual dengan berbagai fitur dan desain, disesuaikan dengan kemampuan.

Misalnya HISENSE yang menawarkan produk REGZA Air Purifier – AE-12R4ED. Produk ini bersifat portable dan bisa ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan. Sementara REGZA Air Purifier – AE-23R4AF merupakan produk Air Purifier dengan kapasitas yang sangat besar.

Tempat Terbaik Menempatkan Air Purifier 

Baik REGZA Air Purifier – AE-12R4ED, maupun AE-23R4AF, keduanya dilengkapi dengan fitur fitur LED Display, dan LED Light Indicator. Selain itu produk ini sangat senyap sehingga bisa ditempatkan dimana saja, bahkan di dalam kamar si kecil.

Karena bersifat portable,  REGZA Air Purifier – AE-12R4ED bisa Anda tempatkan dimana saja, misalnya di dalam kamar. Ini cocok untuk Anda yang memiliki Balita atau anggota keluarga yang memiliki masalah dengan sistem pernafasan. 

Untuk REGZA Air Purifier – AE-23R4AF produk ini bisa disimpan di ruang tamu, atau ruang keluarga, atau ruangan lainnya yang cukup luas. Hal ini disebabkan karena kapasitasnya yang sangat besar, sehingga mampu menjangkau setiap sudut ruangan. 

Tempat lainnya yang bisa diprioritaskan untuk menyimpan air purifier adalah area yang banyak terdapat debu, atau beresiko penumpukan debu. Ruangan ini biasanya dekat dengan jalan utama, atau sumber polutan, bisa dekat ruang tamu atau kamar tidur. 

Jika Anda menggunakan desain open kitchen, tidak ada salahnya menempatkan air purifier di lokasi antara dapur dengan ruangan sebelumnya, misalnya ruang keluarga. 

Cara Menyimpan Air Purifier 

Cara kerja air purifier sebenarnya sangat sederhana, yakni menyerap udara di sekeliling, kemudian memfilternya, dan mengeluarkan kembali udara tersebut dalam kondisi yang sudah bersih. Hal inilah yang membuat Anda disarankan untuk menyimpan air purifier di tempat terbuka. 

Artinya air purifier bisa ditempatkan di tengah-tengah ruangan, tidak mepet atau berdempet dengan tembok. Air purifier pun sebaiknya tidak ditempatkan di area yang sempit, dan berpotensi mengganggu kinerjanya, atau membuat kinerja air purifier jadi tidak maksimal. 

Agar air purifier di rumah Anda tetap bekerja maksimal, pastikan untuk rutin membersihkan rumah, setidaknya 3x dalam seminggu, dan menjaga kebersihan dari air purifier. Anda pun bisa menanam tanaman hijau di area pekarangan rumah, atau taman belakang. 

Anda pun bisa menempatkan beberapa tanaman hias, seperti bunga lili, bunga palem, suji, tanaman sri rejeki, dan lidah mertua. Tanaman hias tersebut telah terbukti sebagai anti-polutan, dan mampu membantu udara di dalam rumah tetap segar dan bersih.