Tepat Memilih Smart TV untuk Media Tontonan di Rumah

Tepat Memilih Smart TV untuk Media Tontonan di Rumah

Keberadaan televisi di rumah memang penting karena kerap dijadikan sebagai media untuk menonton berbagai acara menarik yang ditayangkan stasiun televisi. Mulai dari drama, film, komedi, berita, variety show, hingga reality show. Lebih menarik, melalui televisi kita pun bisa menonton Youtube tanpa perlu repot membuka handphone layar sentuh, lantaran televisi sudah disematkan teknologi super canggih atau disebut Smart TV.

Tentu kecanggihan yang dimiliki oleh TV pintar ini pun membuat kamu tertarik untuk membelinya. Namun, sebelum berencana untuk membeli televisi tersebut, ada baiknya ketahui dulu beberapa tips penting berikut ini, di antaranya:

  1. Kenali berbagai tipe televisi. Seperti diketahui, saat ini cukup banyak sekali tipe televisi yang dijual di pasaran. Mulai dari TV LED, LCD, Plasma, dan ULED. Untuk TV Plasma sendiri merupakan salah satu tipe televisi dengan harga paling murah dibandingkan tipe lainnya. Teknologi yang diusung oleh televisi satu ini pun tidak secanggih TV LCD, LED, maupun ULED dan bodi yang dimiliki sedikit lebih tebal. Sedangkan untuk TV ULED, LCD, dan LED sudah dilengkapi langsung dengan teknologi canggih dan bodinya jauh lebih slim.
  2. Pilih televisi dengan rasio kontras tinggi. Saat membeli TV pintar, sebaiknya belilah televisi dengan rasio kontras cukup tinggi. Biasanya, semakin tinggi rasio kontras yang dimiliki, maka kualitas gambar yang dihasilkan pun akan semakin tinggi pula. Nah, salah satu tipe televisi yang memiliki kontras tinggi ini adalah TV LED berkualitas dari Hisense. Televisi tipe ini dilengkapi dengan tingkat kecerahan layar mencapai 2500-nit sehingga mampu menghasilkan kontras tinggi. Menariknya, televisi ini juga disematkan fitur wide color gamut yang membuat gambar menjadi lebih hidup.
  3. Perhatikan konsumsi listrik. Pastikan untuk mengecek seberapa besar pemakaian listrik dari setiap tipe televisi. Jangan sampai TV tersebut malah mengonsumsi banyak listrik di rumahmu. Sedikit referensi, untuk televisi dengan tipe Plasma biasanya mengonsumsi listrik 50% lebih besar dibanding TV LCD. Yang paling ekonomis adalah TV LED, dengan nilai konsumsi hanya 40% dari total konsumsi TV LCD.
  4. Pertimbangkan harga televisi. Bisa dilihat, beberapa tahun lalu harga memang menjadi tolak ukur saat membeli televisi. Umumnya, semakin mahal televisi maka kualitasnya pun dianggap bagus. Padahal, tidak demikian, bagusnya televisi tidak dilihat dari harga mahal, mana tau televisi murah memiliki spesifikasi jauh lebih bagus dibandingkan televisi mahal. Untuk itu, jangan sampai salah membeli TV, ya!

Selain beberapa tips di atas, masih ada tips lainnya yang harus kamu ketahui, seperti:

  • Baiknya belilah televisi yang bergaransi resmi.
  • Lihat lokasi service center televisi.
  • Beli televisi dengan ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas ruangan di rumah.

Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024