Tak Selamanya Buruk, Ini Manfaat Positif Televisi untuk Anak

anak nonton tv

Apakah anak Anda senang menonton tayangan pada TV Hisense di rumah? Jangan khawatir dan panik dulu. Meski sering disebut membawa dampak negatif untuk anak, ternyata televisi juga memiliki dampak positif untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Jadi, sebagai orangtua, jangan terburu-buru melarang anak untuk menonton tv. Dampingi anak dan buat jadwal menonton harian yang tepat. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), durasi menonton televisi yang tepat bagi anak adalah tidak lebih dari 1-2 jam per hari.

Lantas, apa saja sih manfaat positif yang bisa didapat anak dari menonton televisi?

  • Menambah wawasan. Televisi bisa menambah wawasan anak secara audiovisual melalui tayangan yang bersifat edukatif. Misalnya saja seperti tayangan tentang kebudayaan di negara lain, tentang satwa liar, atau bahkan tentang keindahan alam serta sains. Adalah tugas Anda sebagai orangtua untuk memilihkan tayangan televisi yang sesuai dengan umur anak dan juga edukatif.
  • Mengajarkan anak tentang proses. Tak hanya menambah wawasan, televisi juga bisa mengajarkan anak tentang proses sesuatu. Misalnya saja proses pertumbuhan tanaman atau cara membuat kue. Tayangan yang seperti ini tentu akan lebih berbekas di benak anak-anak, dibanding membacanya di buku karena anak bisa melihat langsung bagaimana prosesnya.
  • Pelengkap pembelajaran di sekolah. Tak semua materi bisa dipelajari di sekolah. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan televisi sebagai sarana pelengkap pembelajaran untuk anak yang menarik. Berlangganan channel televisi yang informatif serta edukatif juga tak ada salahnya. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan informasi lebih di luar hal-hal yang ia pelajari di sekolah.
  • Hiburan dan pelepas emosi. Tayangan film kartun dan juga animasi bisa menjadi sarana pelepas emosi bagi anak. Anak bisa tertawa lebar ketika menonton adegan yang lucu dan membuatnya lebih rileks. Namun demikian, jangan lupa untuk pilih-pilih tayangan animasi: sebab ada juga film kartun yang mengandung kekerasan serta adegan yang tidak pantas ditonton oleh anak.

Itu dia beberapa manfaat positif dari menonton televisi. Jangan lupa untuk batasi durasi menontonnya dan selalu dampingi ketika anak menonton, ya. Semoga bermanfaat!