Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal. Begini Cara Mengatasinya

Meski belum secara resmi diluncurkan, tapi beberapa stasiun TV sudah mulai melakukan migrasi ke siaran digital. Selain sebagai uji coba, langkah ini dilakukan sebagai persiapan awal migrasi dari siaran analog ke digital yang ditargetkan selesai pada November 2022 mendatang. 

Untuk mengetahui apakah siaran TV digital sudah tersedia di daerah Anda atau belum, yang pertama bisa kunjungi alamat https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Disana terdapat informasi wilayah mana saja yang sudah tersedia siaran TV digital. 

Yang kedua dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital. Cara ini terbilang jauh lebih mudah, dan informasi yang disajikan terbilang sangat komplit. Anda bahkan bisa mengetahui status atau kekuatan sinyal siaran TV digital di daerah tersebut. 

Jika dipastikan sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah pastikan televisi Anda sudah mensupport layanan siaran digital. Jika belum, Anda bisa mengakses siaran digital dengan menambahkan perangkat STB yang kini sudah tersedia di toko elektronik atau situs e-commerce.

Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal

Jika sudah dipastikan wilayah Anda sudah menjangkau siaran TV Digital, dan perangkat penerimanya sudah siap, namun siaran TV digital masih belum bisa dinikmati karena tidak ada sinyal, jangan berkecil hati, berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan. 

  • Atur Arah Antena

Sama seperti siaran TV analog, arah antena harus sesuai dengan pemancar siaran TV digital terdekat. Maka dari itu, jika terdapat keterangan tidak ada sinyal, atau sinyal yang diterima masih sangat lemah, coba arahkan antena UHF Anda ke arah stasiun pemancar yang terdekat.

Untuk mengetahui arah yang tepat, Anda bisa kembali menggunakan aplikasi SinyalTVDigital, sama seperti ketika mencari tahu apakah di wilayah tersebut sudah terjangkau siaran digital atau tidak.

  • Ganti Kabel

Jika langkah pertama gagal, Anda bisa mengecek kondisi kabel yang terhubung dari antena UHF ke STB atau Set Top Box. Kabel antena yang rusak atau sudah tidak layak pakai akan sulit menangkap sinyal siaran TV Digital dengan baik.

Untuk mengetahui apakah kabel yang digunakan masih layak pakai atau tidak, Anda bisa mengeceknya secara manual. Pastikan tidak ada cacat, kabel terputus, atau rembesan air.

  • Bersihkan Konektor

Jangan lupa untuk membersihkan semua konektor, mulai dari konektor dari antena, kabel hingga STB. Pastikan semuanya benar-benar bersih dan bebas karat. Jika ada konektor yang sudah berkarat, Anda bisa membersihkannya, atau menggantinya dengan yang baru. 

Pastikan untuk menggunakan konektor berkualitas terbaik. Memang harganya sedikit mahal, tapi percayalah, Anda tidak akan menyesal dengan kualitasnya. 

  • Gunakan Produk TV Terbaik

Siaran TV digital memang menjanjikan kualitas gambar yang lebih jernih dan suara yang lebih menggelegar. Tapi tidak ada salahnya Anda mengganti televisi yang lama dengan produk HISENSE yang sudah terbukti kualitasnya. 

Ada banyak pilihan produk TV yang bisa Anda pilih, dan sudah support siaran TV digital tanpa batuan STB. Beberapa produk tersebut adalah HISENSE Android TV – 43A4200G, Android TV – 32A4200G, LED TV – 32A3100G, UHD 4K – 75A7G, ULED 4K – 65U6G, dan ULED 4K – 55U6G.

Anda juga bisa memilih produk smart TV Android dari HISENSE, seperti Android TV – 70A6500G, Android TV – 58A6500G, Android TV – 43A6500G, Android TV – 65A7400F, Android TV – 55A7400F, dan produk terbaik lainnya. 

Jangan khawatir, semua produk HISENSE dipastikan berkualitas terbaik, dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan produk-produk tersebut di toko elektronik terdekat, atau bisa juga membelinya di situs e-commerce kesayangan Anda.