Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Beda TV LCD dan LED

TV LCD dan LED merupakan jenis TV yang belakangan ini banyak dipilih kebanyakan masyarakat Indonesia. Secara kasat mata, kita mungkin sulit membedakan keduanya. Namun jika diperhatikan dengan lebih detail, Anda akan melihat cukup banyak perbedaan antara TV LCD dan LED ini. 

Berikut merupakan beberapa perbedaan antara TV LCD dan LED. 

  • Konsumsi Listrik

TV LCD dan LED merupakan dua jenis TV yang banyak dipilih karena mengkonsumsi daya lebih sedikit ketimbang jenis TV lainnya. TV LCD mengadopsi material Liquid Crystal Display, sementara LED menggunakan material Light Emitting Diode

Keduanya dikenal sebagai material yang mampu menghemat penggunaan energi. Namun jika bicara perbandingan dari kedua jenis TV tersebut, TV LED jelas jauh lebih hemat ketimbang TV LCD. Perbandingannya bisa mencapai 20-30 persen dalam ukuran layar sama.

  • Tingkat Kontras

Jika kedua TV ini ditempatkan secara berdampingan, Anda akan melihat tingkat kontras TV LED jauh lebih unggul ketimban TV LCD. Hal ini disebabkan karena TV LCD memakai teknologi CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) sebagai sumber cahaya.

Sedangkan TV LED menggunakan Light Emitting Diode (LED) sebagai cahaya di belakang, dengan warna yang lebih redup, dan tingkat pewarnaan yang lebih kompleks. Makanya TV LED bisa terlihat jelas dari semua sudut, sementara TV LED hanya jelas saat dilihat dari sudut sejajar. 

  • Ketebalan Layar

Baik TV LCD maupun LED menawarkan desain yang lebih elegan dengan layar flat dan bentuk yang jauh lebih tipis ketimbang TV tabung. Hal ini cukup berasalan, mengingat kedua jenis TV ini merupakan bentuk upgrade dari bentuk TV sebelumnya. 

Namun jika diperhatikan lebih detail, TV LED jauh lebih tipis ketimbang TV LCD. Hal ini disebabkan karena TV LCD menggunakan cairan kental (Liquid) sehingga butuh tempat yang sedikit lebih luas. Selain itu, bobot TV LCD juga cenderung lebih berat ketimbang TV LED.

  • Back Lightning Technology

Kedua jenis TV ini sama-sama menggunakan teknologi penyinaran dari belakang atau teknologi backlight yang lebih modern dan efisien. Bedanya, TV LCD menggunakan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFL) sebagai sumber penyinaran. 

Sedangkan untuk TV LED sepenuhnya sudah menggunakan material Light Emitting Diode (LED). Perbedaan kedua material inilah yang membuat TV LED cenderung lebih hemat ketimbang TV LCD, sekaligus membuat TV LED mampu menampilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi. 

  • Daya Tahan

TV LED tidak hanya dapat menampilkan kualitas gambar yang lebih baik, tapi juga mampu memberikan nuansa panel belakang yang lebih ‘adem’, sehingga usia pakai komponen di dalamnya akan jauh lebih panjang. Inilah alasan daya tahan TV LED jauh lebih baik ketimbang TV LCD.

Namun kelemahannya, jika sudah mengalami kerusakan, TV LED akan sulit diperbaiki. Terlebih jika harus ganti layar, membeli layar baru bisa menghabiskan dana sekitar 50 persen dari total harga TV tersebut. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kualitas layar pada LED TV Anda. 

Nah agar usia pakainya jauh lebih panjang, pastikan memilih TV LED dari Hisense. Selain dibekali dengan teknologi tinggi dan punya banyak fitur menarik, kualitas layarnya pun tidak perlu diragukan lagi. Jauh lebih ‘bandel’ ketimbang produk lainnya. 

Ada banyak varian produk TV dari Hisense yang bisa Anda pilih, seperti Hisense Seri LED TV – A3100G, UHD 4K – 85A7G, Smart Android TV – 32A6000F, Smart TV – 58A7100F, Laser TV – HE100L5 dan produk lainnya.