Selang Pembuangan Bisa Kebocoran Pada Mesin Cuci 

Banyak orang menyepelekan selang mesin cuci. Komponen ini dianggap hanya berfungsi sebagai saluran pembuangan air, dan tidak berhubungan dengan fungsi teknis. Faktanya, anggapan tersebut memang ada benarnya, meski peran selang pembuangan tidak bisa dianggap sepele. 

Tanpa selang pembuangan, Anda akan kesulitan membuang sisa air pada mesin cuci. Menguras mesin cuci secara manual jelas bukan ide bagus. Selain dipastikan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, aktivitas tersebut akan membuat sisa air kotor tidak bisa terbuang dengan maksimal. 

Selang Pembuangan Bocor Bisa Jadi Masalah Besar

Meski fungsinya hanya mengalirkan air, namun dalam beberapa kondisi selang pembuangan mesin cuci bisa mengalami kebocoran. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah ini, mulai dari digigit tikus, terlipat saat memindahkan mesin cuci, atau terlepas di bagian sambungannya. 

Selain itu, kebocoran pada selang pembuangan bisa juga disebabkan oleh usia pakai mesin cuci yang sudah lama, atau karena produk mesin cuci yang kurang baik. Mengganti selang pembuangan dengan produk berkualitas buruk pun bisa jadi penyebab utama kebocoran.

Kondisi ini jelas sangat berbahaya, selain dapat menyebabkan air merembes ke lantai, (jika terjadi di bagian dalam) kebocoran pada saluran pembuangan dapat menyebabkan bagian motor mesin cuci atau komponen elektronik lainnya ikut rusak.

Dampak buruk lainnya, kebocoran pada selang pembuangan dapat menyebabkan beberapa bagian di bodi mesin cuci ‘nyetrum’. Ini jelas sangat berbahaya dan harus segera diatasi.

Bagaimana Solusinya?

Untuk mengatasi masalah tersebut, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat dulu sumber kebocorannya. Jika kebocoran tersebut disebabkan karena sambungan yang kurang rapi, atau lem perekat yang terkelupas, Anda bisa melakukan pengeleman ulang. 

Sedangkan jika kebocoran terjadi akibat selang mengalami kerusakan, berlubang atau sobek, ada dua opsi yang bisa dilakukan, yang pertama dengan menambal ulang atau menyambung selang dengan cara membuang bagian yang rusak. 

Teknik ini membutuhkan lem, dan harus teliti dalam mengerjakannya. Selain itu, selang pembuangan mungkin akan jadi lebih pendek, dan menjadi kaku di bagian sambungan. Tapi ingat, pastikan kualitas selang pembuangan masih baik.

Yang kedua adalah mengganti selang dengan yang baru. Jika solusi ini yang diambil, pastikan Anda membeli produk selang pembuangan berkualitas tinggi, dan perhatikan selama proses pengeleman. Pastikan bagian sambungan benar-benar rapi dan tidak terjadi kebocoran. 

Umumnya proses pergantian dilakukan saat selang lama sudah getas atau mengalami kerusakan yang sangat parah. Jangan khawatir, Anda tidak perlu bantuan tukang service untuk melakukannya .

Mencegah Kebocoran Selang Mesin Cuci

Agar masalah tersebut tidak menimpa Anda, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran selang mesin cuci, salah satunya dengan memastikan bagian selang mesin cuci tidak tertekuk, tidak melewati area dengan suhu tinggi, dan jauhkan dari jangkauan benda tajam. 

Selain itu, perhatikan jalur pembuangan dari selang tersebut. Pastikan area tersebut bersih dari hama, terutama tikus. Setiap proses pembersihan mesin cuci, sebaiknya periksa bagian selang. Pastikan tidak ada bagian yang mengalami kebocoran.

Perhatikan juga kualitas mesin cucinya. Pasalnya, brand ternama yang konsisten menghadirkan produk dengan kualitas terbaik, sudah tentu tahu fungsi vital dari selang pembuangan, dan akan memperhatikan kualitas komponen tersebut. 

HISENSE merupakan brand peralatan elektronik ternama yang sudah lama dikenal karena konsisten menghadirkan produk-produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. 

Ada banyak pilihan produk mesin cuci HISENSE yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, salah satunya mesin cuci HISENSE Mesin Cuci Top Loading 8 kg WTAR801G. Produk yang dilengkapi dengan banyak fitur canggih tersebut dibanderol dengan harga 2 jutaan saja. 

Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik dari HISENSE di Electronic City, atau toko elektronik terdekat, dan situs e-commerce seperti JD.ID, Shopee, Akulaku, dan lainnya.

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024