Sebentar Lagi Migrasi, Begini Cara Menangkap Siaran TV Digital

Hanya tinggal menunggu waktu pemerintah akan ‘menyuntik mati’ siaran TV Analog dan beralih menuju siaran TV Digital. Sebenarnya ini bentuk upgrade, sekaligus memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan kualitas siaran yang lebih baik. 

Ada banyak kelebihan yang bisa didapat dengan adanya siaran TV Digital, mulai dari pilihan chanel televisi yang lebih bervariasi, kualitas siaran yang lebih jernih tanpa ‘semut’, dan sinyal yang lebih stabil, tidak terpengaruh dengan faktor cuaca buruk, atau kondisi lainnya. 

Program ini sendiri akan dimulai secara bertahap, diantaranya:

  • Tahap Pertama, dilaksanakan pada 30 April 2022, dan akan berlangsung di 56 wilayah layanan siaran, yang meliputi 166 Kabupaten/Kota
  • Tahap Kedua, dilaksanakan pada 25 Agustus 2022, dan akan berlangsung di 11 wilayah layanan siaran, yang meliputi 110 Kabupaten/Kota
  • Tahap Ketiga, dilaksanakan pada 2 November 2022, dan akan berlangsung di 25 wilayah layanan siaran, yang meliputi 65 Kabupaten/Kota.

Untuk mendapatkan siaran TV Digital, tentu saja perangkat yang digunakan pun harus mensupport sinyal digital. Dengan kata lain, Anda membutuhkan Televisi dan perangkat pendukung yang mampu menangkap siaran TV Digital.  

Apakah harus ganti TV baru? Tentu saja tidak, untuk menangkap siaran TV Digital Anda bisa menggunakan perangkat tambahan yang bernama set-top-box (STB) TV digital. 

Rencananya perangkat ini akan dibagikan secara gratis oleh pemerintah. Namun jika Anda ingin membeli STB sendiri, saat ini perangkat tersebut sudah banyak dijual di toko elektronik, atau di situs e-commerce dengan berbagai pilihan merek.

Bagaimana Cara Menangkap Siaran TV Digital?

Seperti dijelaskan di atas, untuk menangkap siaran TV Digital, Anda harus memiliki TV yang sudah mensupport sinyal Digital, atau menggunakan STB yang akan mengkonversi sinyal Digital agar bisa diterima TV Analog. Untuk detailnya, berikut cara mendapatkan siaran TV Digital.

  • Pastikan daerah tempat tinggal sudah tersedia siaran televisi digital. Anda bisa melihat jadwal peluncuran siaran Digital sesuai dengan kota domisili. 
  • Pastikan menggunakan antena UHF. Anda bisa menggunakan antena luar atau dalam, sesuaikan dengan kualitas sinyal yang ada di daerah Anda.
  • Pastikan televisi sudah dilengkapi dengan perangkat STB yang disebutkan di atas. Anda bisa menunggu pembagian dari pemerintah setempat, atau membelinya sendiri.
  • Setelah semuanya siap, hubungan TV dengan STB dan kemudian antena, kemudian hidupkan TV dan ubah ke mode AV. Setelah itu pilih tab “Setting” atau “Pengaturan”.
  • Pilih auto scan untuk memindai program siaran televisi digital yang tersedia di wilayah Anda. Setelah berhasil menangkap stasiun televisi favorit, tekan OK. Selesai.

Gunakan Televisi dari HISENSE

Untuk mendapatkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik, pastikan Anda menggunakan produk Televisi dari HISENSE. Bahkan untuk menikmati siaran TV Digital, beberapa produk TV HISENSE sudah langsung support, tanpa menggunakan STB. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan produk Smart TV, hingga Android TV. Tentu semua produk yang ditawarkan HISENSE dipastikan berkualitas terbaik, dengan harga yang sangat terjangkau. 

Beberapa produk tersebut diantaranya, Android TV – 43A4200G, Android TV – 32A4200G, LED TV – 32A3100G, UHD 4K – 85A7G, UHD 4K – 75A7G, ULED 4K – 65U6G, ULED 4K – 55U6G, Android TV – 70A6500G, Android TV – 58A6500G dan lainnya. 

Anda bisa mendapatkan berbagai produk TV HISENSE di toko elektronik terdekat, seperti Electronic City dan lainnya, atau bisa juga membelinya di situs e-commerce seperti Shopee, JD.ID, Lazada, Akulaku, dan lainnya.