Sebelum Membeli, Kenali Dulu Jenis-jenis AC Rumah

Saat membeli AC, kebanyakan orang akan terpaku pada ukuran kapasitas PK atau Paard Kracht. Padahal selain dengan ukuran kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan, Anda wajib mengetahui jenis-jenis AC agar produk yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Berikut merupakan beberapa jenis AC yang wajib Anda ketahui.

  • Jenis AC Split Wall

AC split wall merupakan jenis AC yang cukup populer, dan paling banyak digunakan untuk kepentingan rumah tangga. Jika Anda ingin membeli AC untuk mendinginkan ruang tamu, ruang keluarga, kamar, atau ruangan lainnya, kemungkinan inilah jenis AC yang akan Anda butuhkan.

AC split wall umumnya hanya menggunakan daya listrik sekitar 800 watt dan mudah dalam perawatan. Jenis AC ini dibagi dalam dua jenis bagian komponen utama, pertama bagian indoor yang merupakan bagian outputnya, dan outdoor yang merupakan tempat masuknya udara.

  • Jenis AC Standing Floor

AC standing floor sering juga disebut sebagai AC portable. Jenis ini memang terbilang unik karena ditempatkan dengan cara berdiri (tidak menempel di dinding), dengan sistem pendinginan yang berada di bagian bawah mesin. Jenis AC ini dibekali dengan kapasitas 1-5 PK. 

Meski bisa juga ditempatkan secara permanen, namun pada dasarnya jenis AC standing floor bisa dibawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan. Anda pasti sering melihat jenis AC ini saat menghadiri acara yang digelar di gedung-gedung, seperti acara pernikahan, seminar dan lainnya. 

  • Jenis AC Inverter

AC Inverter bisa dibilang sebagai penyempurna dari AC Split Wall karena bekerja secara otomatis mendinginkan suhu ruangan, dan jika sudah mencapai titik tertentu dia akan menurunkan kemampuan pendinginnya (terkadang mati), dan akan kembali bekerja jika terjadi peningkatan suhu ruangan. 

Karena bekerja secara otomatis, AC Inverter sangat cocok ditempatkan di ruangan yang tidak memiliki celah ventilasi, seperti kamar, ruangan kerja, atau ruangan lainnya yang membutuhkan sistem pendinginan selama 24 jam.

  • Jenis AC Cassette

Jenis AC cassette memang kurang umum digunakan di dalam rumah, dan biasanya ditempatkan di perkantoran untuk mendinginkan ruangan rapat, ruang kerja khusus, dan lainnya. Biasanya AC ini ditempatkan di plafon langit-langit ruangan. 

Berbeda dengan AC split wall atau AC Inverter yang cara pemasangannya relatif mudah, jenis AC cassette tidak bisa dipasang sembarangan orang karena terbilang rumit dan butuh tenaga ekstra. Jenis AC ini tersedia dalam ukuran 1,5-6 PK.

  • Jenis AC VRV

AC VRV atau Variable Refrigerant Volume  merupakan jenis AC yang sudah mengadopsi teknologi tinggi, sudah dilengkapi dengan unit CPU dan kompresor inverter. Jenis AC VRV sangat disukai karena sangat hemat energi, dan dibekali dengan teknologi super pintar.

Namun karena harga yang yang cenderung mahal, jenis AC ini kebanyakan hanya digunakan di tempat-tempat tertentu saja.

Namun terlepas dari jenis AC yang sedang Anda cari, pastikan untuk selalu menggunakan produk AC dari Hisense. Ada banyak varian produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti Hisense AC split 2PK – AN18CDG, AC split 1,5PK – AN12CDG, AC split 1PK – AN09CDG, AC split 0,5PK – AN05CDG, AC split 0,5PK – AN05CEG dan pilihan produk menarik lainnya.

AC Hisense punya banyak keunggulan yang tidak dimiliki produk lainnya, diantaranya lebih hemat energi, sudah dibekali dengan teknologi tinggi yang memudahkan Anda dalam menggunakan dan sistem perawatan yang terbilang sangat mudah.