Penyebab TV LED Ada Suara tapi Tidak Muncul Gambar

Kini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan TV LED (Light-Emitting Diode) ketimbang jenis TV lainnya. Selain harganya yang lebih terjangkau dan pilihan produk yang melimpah, TV LED mampu menyajikan gambar dengan kualitas yang cukup baik. 

Tapi sayang, perangkat yang satu ini tergolong cukup rawan mengalami kerusakan, salah satunya ada suara, tapi gambar tidak muncul. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari faktor teknik, kualitas TV hingga faktor non-teknik dan human error

Berikut beberapa penyebab TV LED tidak muncul gambar, namun suara tetap muncul.

  • Lampu Backlight Mati

Lampu backlight merupakan salah satu komponen utama pada layar LED, dan dipasang secara seri dan letaknya berada di belakang panel layar. Fungsi dari lampu ini untuk memberikan penerangan kepada area layar, sehingga mata Anda bisa menangkap gambar dengan baik. 

Karena dipasang secara seri, maka otomatis saat satu lampu mengalami masalah (mati), maka lampu lainnya akan ikut terdampak. Jika ini terjadi, gejala khas yang muncul adalah, TV tetap mengeluarkan suara, tapi layar terlihat hitam (gelap) seperti dalam kondisi mati.

  • Kerusakan Pada T-Con

T-Con atau Timing Control merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pengatur daya yang masuk ke dalam panel LED. Degan komponen ini, panel layar akan mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk hidup dan menghasilkan gambar berkualitas baik.

Komponen ini berbentuk modul elektronik yang terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya multi channel power supply atau multiple output, pembangkit Gamma reference, scan drive atau pembangkit pulsa timing control, eeprom atau bagian memori.

  • IC Gamma AS-15 Rusak

Seperti dijelaskan di atas, T-Con merupakan komponen berupa modul dengan beberapa fungsi utama. Komponen ini secara keseluruhan bertanggung jawab untuk menghidupkan panel LED, sehingga TV Anda mampu menyajikan gambar yang berkualitas baik.

Nah dalam komponen ini terdapat bagian pembangkit gamma reference yang ditenagai oleh IC Gamma AS-15. Dalam kebanyakan kasus, TV yang tidak menampilkan gambar tapi masih ada suaranya disebabkan oleh IC Gamma AS-15 yang rusak.

  • Kerusakan Software

Selain akibat kerusakan di IC Gamma AS-15, TV yang hanya menampilkan suara saja bisa disebabkan karena kerusakan software. Masalah ini umumnya diderita oleh produk TV pintar atau Smart TV, Android TV atau TV sejenisnya yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi khusus.

Kerusakan pada software umumnya bisa disebabkan karena banyak faktor, mulai dari serangan malware atau virus, proses instalasi software yang tidak berjalan baik, software yang tidak compatible, atau proses update software yang terganggu. 

  • Kerusakan Panel atau Layar TV

Layar LED atau bagian panel bisa mengalami kerusakan karena banyak faktor, salah satunya karena usia pakainya yang sudah habis. Sebagai informasi tambahan, layar LED umumnya memiliki usia pakai 40.000 hingga 100.000 jam pemakaian. 

Kerusakan panel bisa juga disebabkan karena faktor lainnya, mulai dari human error, hubungan arus pendek, atau faktor lainnya. Untuk mengatasi hal ini, penggantian panel merupakan solusi yang tidak bisa dihindari, dan umumnya biaya yang dibutuhkan tergolong sangat tinggi. 

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Mencegah kerusakan TV LED merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun Anda bisa meminimalisir resiko kerusakan tersebut dengan membeli produk TV LED berkualitas terbaik. Anda sangat disarankan untuk membeli produk TV dari HISENSE. 

TV HISENSE dibangun dengan teknologi terbaru, sehingga mampu digunakan sampai batas pemakaian maksimal, tanpa harus khawatir dengan masalah layar mati tapi suara muncul, dengan kualitas gambar yang lebih tajam, lembut dan tampak lebih realistis. 

Jangan khawatir, produk TV HISENSE dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau bisa juga didapat di situs e-commerce, seperti Shopee, Lazada, JD.ID, Akulaku, dan lainnya.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024