Penyebab Freezer Kulkas Anda Dingin, Tapi Tidak Beku

Freezer merupakan salah satu bagian dari kulkas yang berfungsi untuk mengawetkan bahan makanan dengan cara dibekukan. Di sini Anda bisa menyimpan berbagai jenis daging, frozen food, membuat es batu dan berbagai jenis makanan lainnya yang harus disimpan dengan cara dibekukan.

Tapi sebagaimana peralatan elektronik lainnya, terkadang kulkas mengalami beberapa masalah di bagian freezernya, salah satunya kulkas masih terasa dingin, termasuk bagian chiller yang masih bisa berfungsi dengan baik, tapi tidak bisa digunakan untuk membekukan makanan.

Kenapa bisa seperti ini? Berikut penyebab kulkas Anda terasa dingin, tapi makanan yang berada di freezer tidak kunjung beku.

  • Coil Condensor Kotor

Coil condensor bisa terletak dimana saja, namun umumnya berada di bagian belakang agar lebih terlindung. Dalam beberapa kasus, komponen ini bisa mengalami masalah, termasuk dipenuhi dengan kotoran. Jika demikian, dampaknya bisa menurunkan kinerja freezer. 

Untuk mengatasinya, segera temukan bagian coil condenser tersebut kemudian bersihkan. Sebagai upaya pencegahan, sekaligus perawatan rutin, bagian ini harus dibersihkan setidaknya 6 bulan sekali. Proses pembersihan ini sebaiknya dilakukan secara menyeluruh

  • Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengontrol suhu. Komponen ini sangat penting untuk mengendalikan kinerja komponen-komponen utama pada kulkas, diantaranya kompresor, motor kipas evaporator dan kipas kondensor.

Umumnya, masalah thermostat ditandai dengan sistem pendingin yang tidak stabil. Anda bisa menemukan kulkas menjadi sangat dingin, dan terkadang tidak menghasilkan hawa dingin sama sekali. Untuk mengatasinya, segera lakukan penggantian komponen.

  • Kipas Kondensor Tidak Bekerja

Kipas kondensor berfungsi untuk menarik udara dari kondensor. Jika bagian motor kipas ini mengalami masalah, atau malah tidak berfungsi sama sekali, otomatis udara dari luar tidak bisa ditarik menuju kondensor, dan proses pendinginan kulkas jadi tidak maksimal. 

Jika freezer Anda tidak dingin karena masalah kondensor, Anda bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Sebagai upaya perawatan, periksa bagian bantalan motor kipas, dan lakukan pembersihan secara menyeluruh, setidaknya 6 bulan sekali. 

  • Coil Evaporator Tertutup

Coil evaporator sangat rawan tertutup. Penyebabnya cukup banyak, salah satunya masalah yang terjadi pada sistem defrost. Biasanya masalah ini terjadi pada jenis kulkas non-inverter, dan ditandai dengan munculnya gejala freezer mudah dipenuhi dengan bunga es.

Setelah beberapa lama, biasanya bunga es tidak muncul lagi, namun kulkas menjadi tidak dingin. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan tidak membiarkan kulkas Anda dipenuhi dengan bunga es dengan rutin melakukan defrost. 

  • Start Relay Tidak Berfungsi

Start relay merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemasok daya menuju kompresor. Jika komponen ini tidak berfungsi, sudah tentu kompresor juga tidak akan bekerja. Imbasnya, kulkas Anda sangat sulit menjadi dingin, atau bahkan tidak dingin sama sekali. 

Untuk memastikan komponen start relay berfungsi dengan baik Anda bisa melakukan pengukuran menggunakan multimeter. Selain itu, Anda bisa mengecek fisiknya dengan mencium aromanya dan melihat bentuk fisiknya. Start relay cukup sering terbakar.

Selain komponen-komponen di atas, masalah freezer tidak dingin bisa juga disebabkan kompresor rusak, atau freon sudah habis. Maka dari itu, penting membersihkan kulkas secara berkala, terlebih jika dapur atau rumah Anda berada di pinggir jalan yang rawan dengan debu. 

Manfaat lainnya, rutin membersihkan kulkas akan membuat Anda lebih mudah mengenali bagian-bagian kulkas, usia pakai kulkas lebih panjang dan lebih mudah menemukan kerusakan.

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024