Penyebab dan Cara Mencegah Kulkas Bau Apek

Kulkas yang mengeluarkan bau yang tak sedap tentu jadi masalah yang cukup pelik. Selain karena bau tersebut dapat menyebar pada bahan makanan yang ada di dalamnya, ternyata bau apek yang keluar dari kulkas bisa membuat makanan lebih mudah membusuk. 

Pada dasarnya bau tak sedap tersebut berasal dari sisa-sisa bahan makanan yang tertinggal dalam kulkas. Jika suhu kulkas ideal, dan sirkulasi udara dalam kulkas terjaga, masalah ini tidak akan terjadi karena pada dasarnya bakteri tidak akan berkembang di dalamnya. 

Tapi yang jadi masalah, saat kulkas tersebut sering dibuka-tutup dan suhu di dalamnya kurang dingin, kemungkinan bakteri akan lebih cepat tumbuh dan menyebabkan bau apek. Terlebih jika pintu kulkas tidak tertutup dengan sempurna. 

Bagaimana Cara Mengatasinya? 

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah, pastikan suhu di dalam kulkas benar-benar ideal. Ini penting, mengingat udara dingin akan menghambat pembentukan bakteri yang jadi penyebab utama bau busuk. Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran, dan pintu kulkas selalu tertutup rapat.

Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, Anda hanya perlu menyimpan bubuk kopi atau teh di dalam chiller atau bagian penyimpanan sayuran. Ini dilakukan untuk menghambat pembentukan bakteri, dan aroma kopi dapat menetralisir bau di dalamnya. 

Selain kopi, Anda bisa menyimpan baking soda, ekstrak vanili, atau teh di dalamnya. Selain bisa jadi pengharum ruangan, bahan-bahan alami tersebut cukup efektif membasmi bau tak sedap karena sifatnya yang dapat menghambat pembentukan bakteri. 

Yang paling penting, bersihkan kulkas secara berkala, setidaknya satu bulan sekali. Keluarkan sisa bahan makanan yang ada di dalamnya, kemudian cuci bersih seluruh bagian kulkas. Proses ini sebaiknya dilakukan ketika bahan makanan di dalamnya sudah habis.

Usahaan untuk memasak bahan makanan sesuai tingkat kesegarannya, dan jaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Idealnya, temperatur dalam chiller sekitar 2-5 derajat Celcius, sementara suhu dalam freezer sebaiknya 0 derajat celcius.

Evaluasi Kembali Kulkas Anda

Terkadang bau apek yang dapat dari kulkas disebabkan oleh kualitas dari kulkas tersebut yang sudah tidak layak pakai, atau kemampuan pendinginannya sudah menurun. Kondisi ini umum dialami oleh produk-produk lama, yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun. 

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda memilih produk kulkas dari HISENSE. Selain memberikan banyak pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, produk-produk dari HISENSE sudah terbukti lebih awet dan berkualitas tinggi. 

Selain Itu, kulkas HISENSE sudah dibekali dengan kemampuan anti-bakteri, yang mampu menghambat pembentukan bakteri di dalam ruang pendingin, mampu menjaga kesegaran makanan lebih lama tanpa menurunkan kualitasnya, dan jauh lebih hemat energi. 

Selain itu, kulkas HISENSE sudah dibekali dengan teknologi tinggi, dan desain yang sangat cantik, membuatnya tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan bahan makanan, tapi juga bisa meningkatkan keindahan dekorasi dapur Anda. 

Ada banyak produk yang bisa Anda pilih, seperti Inventer 4 Door Refrigerator 670L – RQ758N4IWBU, Inventer 2 Door 411L – RT486N4IBV, Inverte Side by Side Refrigerator 564L – RS670SN4IBN, 2 Door Refrigerator 350L – RT416N4IBN, dan lainnya. 

Produk-produk tersebut kini telah tersedia di toko elektronik terdekat, seperti Electronic City, dan situs e-commerce, seperti JD.ID, Lazada, Shopee, dan Akulaku.