Penyebab AC di Rumah Anda Berisik, dan Cara Mengatasinya

Demi menambah kenyamanan selama berada di rumah, banyak diantara kita yang memilih memasang AC di rumahnya. Terlebih saat ini banyak produk AC yang menyematkan fitur pembersih udara, dan diklaim mampu membunuh zat-zat berbahaya yang berterbangan bersama udara. Namun terkadang kenyamanan menikmati udara sejuk dari AC sedikit terganggu dengan suara berisik yang ditimbulkan oleh pendingin ruangan tersebut. Terlebih di malam hari, suara bising tersebut terdengar sangat jelas dan membuat tidur kita terganggu. Apa sih penyebabnya?

1. Unit AC yang Kotor

Salah satu faktor yang menyebabkan suara AC berisik adalah unit tersebut sudah sangat kotor. Sekarang ingat-ingat lagi kapan terakhir kali Anda membersihkannya, satu minggu, atau satu bulan lalu? Resiko AC cepat kotor makin tinggi jika rumah Anda berada di sekitar jalan utama. Untuk mengatasinya, tentu saja membersihkan AC merupakan hal yang wajib dilakukan. Anda bisa membersihkan AC mulai dari unitnya, kemudian beralih ke bagian kipas, dan bagian lainnya. Jika AC yang Anda gunakan memiliki fitur auto clean, gunakan fitur tersebut.

2. Posisi Pemasangan AC Kurang Tepat

Suara berisik dari AC bisa juga disebabkan oleh posisi pemasangan yang tidak tepat. Contohnya AC disimpan di dinding yang mudah terkoyak hingga akhirnya getaran membuat bautnya longgar, hingga terlepas, atau karena pemasangan AC berada di dinding yang kurang kokoh. Untuk mengatasinya, cek semua baut AC dan pastikan semuanya tertempel kuat. Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa memasang packing atau ring karet yang berfungsi sebagai peredam getaran. Jika masalahnya pada dinding, sebaiknya pindahkan atau lakukan modifikasi dinding.

3. Sirkulasi Freon AC Terganggu

Jika AC sudah dibersihkan, dan dipastikan semua baut tertancap kuat, Anda layak curiga masalah AC berisik ini disebabkan oleh sirkulasi freon yang tidak bekerja secara maksimal. Biasanya masalah ini disebabkan oleh kesalahan saat instalasi, terutama saat melakukan penyedotan udara. Solusinya, lakukan proses pemasangan ulang dan pastikan semuanya benar. Jika dibutuhkan, lakukan proses pergantian cairan freon. Biasanya, dalam sekejap suara bising tersebut akan langsung hilang, dan digantikan dengan udara yang lebih sejuk.

4. Belt AC Sudah Aus atau Longgar

Suara belt atau sabuk pada AC yang longgar bisa juga menyebabkan suara berisik. Biasanya kondisi ini diiringi dengan kondisi AC yang tidak dingin atau kurang dingin, hingga AC berhenti beroperasi karena belt tidak mampu menunjang pergerakannya. Solusinya, segera periksa dan jika melihat posisi pemasangan belt melenceng, segera tempatkan di tempat yang semestinya. Jika belt ternyata sudah aus, kehilangan elastisitas dan daya cengkramnya, segera ganti dengan belt baru.

5. Gunakan Produk AC Hisense

Hisense merupakan brand ternama yang kerap ‘menelurkan’ berbagai produk elektronik dengan harga lebih terjangkau, namun kualitas yang diberikan jauh lebih baik ketimbang produk sejenis. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Hisense AC Standard 0.5PK/1/2PK – AN05CDG.

Ada banyak fitur menarik yang diberikan oleh produk spesial ini, diantaranya adalah: – R32 Refrigerant yang bertugas menyajikan kenyamanan dan ketenangan di rumah Anda, dengan udara yang sejuk maksimal.

  • LED display yang memudahkan Anda untuk mengoperasikan perangkat AC, tanpa harus khawatir akan melakukan kesalahan fatal.
  • Smart mode yang bertugas menjalankan mode paling nyaman bagi ruangan di rumah Abda. Fitur ini bekerja secara otomatis dengan menggunakan sensor.
  • Quiet mode sangat cocok digunakan saat malam, atau ketika Anda sedang butuh ketenangan. Dengan fitur ini AC Hisense akan jauh lebih sunyi dan halus.

Hisense menyediakan fitur Evaporator Self-clean yang memudahkan Anda membersihkan AC tanpa. Hanya dengan sekali pencet, AC pun kembali bersih maksimal. Selain itu, ada juga fitur seperti Cooling atau Dry, Gas leakage detection, Self-Diagnosis & Automatic protection, dan berbagai fitur menarik lainnya.