Penting! Ini Tanda Kulkas Anda Sudah Harus Digudangkan

Kulkas merupakan perabotan rumah tangga yang harus selalu dihidupkan selama 24 jam. Biasanya kulkas baru dimatikan saat sedang dibersihkan, saat isinya benar-benar kosong, atau ketika akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, seperti mudik, liburan panjang dan lainnya. 

Inilah salah satu alasan kenapa kulkas cukup rawan mengalami kerusakan, terlebih jika daerah Anda tergolong sering mengalami pemadaman lampu, arus listrik tidak stabil, dan gangguan lainnya. 

Dalam beberapa kondisi, kerusakan yang dialami kulkas memang bisa diatasi dengan cara memanggil teknisi, namun ada beberapa tanda lainnya yang harus diperhatikan sebagai tanda kulkas Anda sudah ingin pensiun, dan sudah layak masuk gudang. 

  • Mengeluarkan air

Coba cek lantai rumah Anda, apakah di area kulkas sudah sering terlihat kebocoran. Anda pun bisa mengecek box kecil di belakang mesin kulkas. Umumnya lokasi box tersebut di samping tabung kompresor. Cek bagian tersebut, apakah ada air yang menggenang?

Jika Ada, matikan kulkas dan keringkan air di penampungan tersebut. Setelah itu nyalakan kembali dan cek, apakah kembali terjadi genangan di area lantai, atau box tersebut kembali terisi penuh dengan air. Jika iya, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli kulkas baru. 

  • Bunga Es Abnormal

Bunga es merupakan hal yang normal, terlebih jika Anda sering buka-tutup kulkas, dan masih menggunakan kulkas satu pintu. Namun yang jadi masalah saat bunga es tersebut tertentu dengan sangat cepat,bahkan memenuhi seluruh ruangan freezer, hingga pintunya sulit dibuka. 

Jika sudah begini, ada banyak kemungkinan bunga es jadi mudah terbentuk, mulai dari kerusakan kecil seperti terjadinya kebocoran di karet pintu kulkas atau bagian kulkas lainnya, kulkas mengalami kerusakan, sehingga gejala tanda kulkas sudah harus digudangkan.

  • Suara Mesin Kulkas Keras

Suara kulkas memang cenderung berisik saat pintu kulkas terbuka, atau ketika baru dinyalakan setelah dibersihkan, ketika listrik baru hidup kembali, atau ketika suhu udara di dalam kulkas meningkat. Hal ini terbilang wajar, mengingat suara tersebut merupakan bentuk kerja mesin yang maksimal. 

Namun jika sepanjang hari suara kulkas seperti sedang bekerja maksimal, namun pintu kulkas tidak terbuka, kondisi karet pintu masih baik, dan tidak terjadi kebocoran di area kulkas, Anda wajib curiga. Ini salah satu kulkas Anda mengalami kerusakan, hingga harus segera diganti.

  • Makanan Cepat Basi

Coba cek kembali kualitas makanan yang Anda simpan, terutama sayuran dan buah-buahan. Apakah sayuran dan buah-buahan tersebut cepat basi? Jika iya, segera pertimbangkan untuk segera membersihkan seluruh bagian kulkas. 

Jika setelah dibersihkan kondisinya masih sama, segera panggil teknisi, atau ganti dengan kulkas baru. Kulkas yang tidak mampu mempertahankan kesegaran makanan dalam waktu yang maksimal (tergantung spesifikasi kulkas),  ini tandanya ada masalah serius yang harus segera diselesaikan.

  • Kulkas Kadaluarsa

Sama seperti makanan, kulkas pun punya usia pakai maksimal. Kebanyakan produk hanya bertahan di usia penggunaan antara 10-20 tahun. Ini merupakan usia pakai standar kulkas, meski beberapa produk mengklaim mampu digunakan lebih dari 20 tahun. 

Saat harus melakukan pergantian kulkas, pastikan untuk memilih produk HISENSE. Banyak pilihan produk HISENSE yang bisa Anda pilih, mulai dari Inverter 2 Door 500L- RT546N4IWBU, Inverter Side by Side Refrigerator 620L – RS680N4IBU, Minibar – RR58D4IGN dan lainnya.

Anda bisa mendapat produk-produk terbaik di Electronic City, atau di situs e-commerce seperti JD.ID, Lazada, Akulaku, Shopee dan lainnya.