Musim Hujan Datang. Begini Caranya Agar Cucian Tidak Bau

Musim hujan datang, Anda harus bersiap dengan resiko cucian yang menumpuk. Bukan hanya itu, musim hujan memunculkan resiko pakaian sulit kering. Padahal pakaian yang tidak kering maksimal beresiko dihinggapi bakteri sehingga menjadi bau, mudah berjamur, dan cepat rusak.

Tentu ini sangat berbahaya, terlebih jika dipakai oleh anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum terbentuk maksimal. Untuk mencegah hal tersebut ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah: 

  • Maksimalkan Pengering Mesin Cuci

Pengering mesin cuci bisa dimaksimalkan untuk mempercepat proses pengeringan pakaian, sekaligus mencegah terjadinya penumpukan bakteri penyebab pakaian bau. Tidak hanya itu, pengering mesin cuci bisa menghemat waktu penjemuran Anda. 

Caranya, setelah pakaian dikeringkan dengan pengering mesin cuci, gantung pakaian dengan menggunakan hanger dan tempatkan di lokasi yang cukup hangat. Utamakan lokasi yang terbuka, seperti ruang cuci jemur di lantai dua, area terbuka di belakang rumah dan lainnya. 

  • Gunakan Deterjen Anti-Bakteri

Saat ini ada banyak produk deterjen yang tidak hanya sekedar mengangkat kotoran, tapi juga mampu melembutkan serat kain, dilengkapi dengan sifat anti-bakteri, sekali pembilasan, membantu pakaian cepat kering dan berbagai fitur lainnya. Manfaatkan ini selama musim hujan.

Jika dibutuhkan Anda bisa juga menambahkan pengharum atau pelembut pakaian yang dilengkapi dengan fitur anti-bakteri. Tapi ingat, sebelum menggunakan produk-produk tersebut pastikan Anda membaca keterangan dan cara penggunaannya. 

  • Jangan Direndam Terlalu Lama

Umumnya produsen deterjen merekomendasikan Anda untuk merendam pakaian tidak lebih dari 15 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah bahan kimia pada deterjen merusak serat kain, bahkan lebih buruknya lagi dapat menyebabkan pakaian Anda menjadi bau. 

Tidak hanya itu, merendam pakaian terlalu lama berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Alhasil pakaian Anda bukan hanya sekedar rusak, warnanya pudar, serat kain yang kasar dan murah robek saja, tapi juga berisiko membawa banyak penyakit. 

  • Memaksimalkan Proses Pembilasan

Proses pembilasan merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya untuk memastikan tidak ada sisa deterjen yang masih menempel pada pakaian, tapi juga untuk mencegah pakaian menjadi bau apek karena kuman dan bakteri yang tidak terangkat dengan maksimal.

Memang ada beberapa deterjen yang mengklaim hanya butuh sekali bilasan saja. Tapi agar lebih aman sebaiknya pastikan proses bilasan dilakukan hingga tuntas, atau sampai Anda yakin pakaian tersebut benar-benar sudah bersih maksimal. Selain itu, perhatikan cara Anda membilas pakaian. 

  • Pilih Mesin Cuci Terbaik

Apa hubungannya dengan cucian bau? Sederhana saja, kombinasi antara mesin cuci terbaik dan deterjen berkualitas tinggi bukan hanya mampu membersihkan pakaian, tapi juga mampu membunuh bakteri penyebab bau yang menempel pada pakaian.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih mesin cuci HISENSE yang sudah terbukti mampu membersihkan pakaian dengan maksimal, merawat serat kain tetap lembut, sehingga pertumbuhan bakteri yang menempel di pakaian dapat diminimalisir.

Ada beberapa produk mesin cuci dari HISENSE yang sangat direkomendasikan untuk Anda, diantaranya Twin Tub 9KG – WSAC901W, Twin Tub 8KG – WSAC801W, Twin Tub 7KG – WSAC701W, Top Load 13KG – WTJA1301D, Top Load 10.5 KG – WTHD1101T, dan lainnya. 

Produk-produk tersebut bisa didapat di toko-toko elektronik terdekat, seperti Electronic City, atau Anda bisa mendapatkannya di situs e-commerce seperti Lazada, JD.ID, Shopee, Akulaku dan lainnya.