Mesin Cuci Twin Tub vs Top Load, Mana Yang Terbaik?

Twin Tube atau mesin cuci dua tabung, dan top load atau mesin cuci satu tabung merupakan dua jenis mesin cuci yang cukup populer di Indonesia. Keduanya merupakan jenis mesin cuci dengan harga yang jauh lebih terjangkau ketikan mesin cuci front load. 

Selain itu, keduanya sangat cocok dengan penggunaan sumur bor atau sumur galian sebagai sumber air yang digunakan selama mencuci, dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Berikut beberapa perbedaan antara mesin cuci twin tube dan mesin cuci top load. 

  • Penggunaan Teknologi

Kedua jenis mesin cuci ini pada dasarnya menggunakan sistem pencucian dan teknologi yang cukup baik, meski mungkin tidak sedetail mesin cuci front load. Namun untuk penggunaan rumah biasa, mesin cuci twin tube dan top load cukup bisa diandalkan. 

Namun dalam kebanyakan produk mesin cuci top load kerap disematkan fitur yang lebih canggih dan modern, ketimbang mesin cuci twin tube yang lebih sederhana. Tapi secara umum, keduanya cukup powerfull untuk penggunaan rumah tangga biasa.

  • Kapasitas Pencucian

Umumnya mesin cuci dua tabung memiliki kapasitas pencucian yang cukup besar, mencapai 6-15 Kg. Sementara mesin cuci top load atau satu tabung hanya memiliki kapasitas pencucian yang bisa jauh lebih besar, bisa mencapai 20 Kg. 

Namun jika dibandingkan dengan mesin cuci front load, kapasitas mesin cuci top load dan twin tube masih jauh lebih besar. Hanya saja, mesin cuci front load lebih hemat penggunaan air ketimbang mesin cuci twin tube dan top load yang cenderung boros air. 

  • Konsumsi Daya Listrik 

Mesin cuci 2 tabung dioperasikan dengan cara manual, sementara mesin cuci top load dioperasikan secara otomatis. Perbedaan ini cukup berpengaruh, bukan hanya segi penampilan, cara pengoperasian, dan fitur utamanya, tapi juga berpengaruh besar pada konsumsi daya listrik. 

Mesin cuci twin tube umumnya jauh lebih hemat energi ketimbang mesin cuci top load. Namun jika dibandingkan dengan mesin cuci front load, kedua jenis mesin cuci ini masih jauh lebih hemat dalam hal konsumsi daya listrik. 

  • Perbedaan Harga

Tentu saja semua perbedaan tersebut akan membawa dampak besar pada sektor harga. Mesin cuci twin tube umumnya dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau ketimbang mesin cuci top load. Bahkan perbedaan harga tersebut bisa mencapai sekitar 50%. 

Terlebih jika mesin cuci yang Anda pilih adalah produk dari HISENSE. Brand ternama asal Tiongkok ini sudah cukup lama dikenal konsisten memperkenalkan produk-produk berkualitas tinggi, dengan harga yang jauh lebih terjangkau, mulai dari TV, kulkas, air purifier, mesin cuci dan produk lainnya.

  • Cara Pengoperasian 

Mesin cuci twin tube umumnya lebih mudah dioperasikan, selain karena fiturnya yang tidak terlalu banyak, Anda tidak perlu repot dengan berbagai tombol digital dan istilah-istilah pencucian yang terkadang sulit dipahami oleh kebanyakan orang. 

Umumnya mesin cuci twin tube hanya dilengkapi dengan tombol timer pencucian, tipe pencucian, dan timer pengeringan. Sementara mesin cuci top load sudah dilengkapi dengan banyak fitur yang lebih modern, terutama detail pencucian, proses pengeringan, dan lainnya.

Tapi terlepas dari jenis mesin yang Anda pilih, pastikan selalu memilih produk mesin cuci dari HISENSE. Banyak produk menarik yang bisa Anda pilih, seperti Twin Tub 9KG – WSAC901W, Twin Tub 8KG – WSAC801W, Twin Tub 7KG – WSAC701W, Top Load 13KG – WTJA1301D, Top Load 10.5 KG – WTHD1101T, dan lainnya. 

Semua produk tersebut bisa Anda dapatkan di toko elektronik terdekat, atau bisa juga didapat di situs e-commerce, seperti JD.ID. Lazada, Shopee, Akulaku dan lainnya.