Mesin Cuci Tidak Mau Menyala, Hanya Suara Dengung. Ini Penyebabnya!

Secanggih apapun mesin cuci yang Anda miliki, suatu saat pasti akan ada masalah yang membuat Anda sedikit panik. Terkadang masalah tersebut terjadi karena usia pakai mesin cuci yang melewati batas maksimal, kerusakan komponen atau bersifat human error dan lainnya. 

Salah satunya adalah masalah mesin cuci tidak mau menyala dan hanya terdengar suara dengung lirih pada bagian mesin atau dinamo mesin cuci tersebut. Dalam kondisi seperti ini, jangan dulu panik. Sebaiknya cek beberapa bagian berikut ini untuk mengetahui sumber kerusakannya. 

  • Beban Terlalu Berat

Semua produk mesin cuci sudah dibekali dengan batas maksimal beban cucian yang dapat ditampung. Selain putaran terlihat sangat lemah, mesin cuci tidak mau berputar dan hanya terdengar suara dengung saja merupakan salah satu gejalanya. 

Jika Anda merasa cucian terlalu banyak, atau melebihi kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut, sebaiknya coba kurangi beban mesin cuci dengan mengambil sebagian cucian yang dirasa cukup berat, seperti jaket tebal, celana jeans, bed cover dan lainnya. 

Lihat reaksinya, apakah mesin cuci Anda kembali berjalan normal atau tetap tidak mau jalan dan hanya terdengar suara dengung? 

  • Dinamo Mesin Cuci Rusak

Jika beban cucian tidak terlalu berat, bisa jadi kemungkinan mesin cuci tidak mau menyala dan hanya mengeluarkan suara dengung disebabkan oleh dinamo mesin cuci yang rusak. Kerusakan ini beragam, bisa karena kabel lilitannya konslet atau putus.

Terkadang gejala kerusakan dinamo ditandai juga dengan melemahnya dinamo, misalnya mesin cuci tidak bisa digunakan hingga kapasitas maksimal, putarannya lemah padahal Anda mencuci dalam jumlah yang wajar, dan lainnya. 

Jika masalah ini terjadi, solusi terbaik adalah memanggil tukang service atau hubungi service centre produk mesin cuci Anda untuk menyampaikan keluhan tersebut. 

  • Kapasitor Rusak

Kemungkinan lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah, kapasitor rusak atau terbakar. Kondisi ini terjadi akibat usia pakai, atau karena adanya hubungan arus pendek yang membuat kapasitor tersebut meleleh. Secara fisik, kapasitor yang rusak bisa terlihat dari adanya cacat di bagian bodinya. 

Untuk memastikan kerusakan kapasitor Anda membutuhkan alat ukur yang bernama AVO Meter. Tapi demi keamanan, sebaiknya minta tukang service untuk memeriksanya. Biasanya mereka punya kapasitor cadangan yang biasa digunakan untuk memastikan kerusakan komponen tersebut. 

Jangan khawatir, biaya untuk mengganti kapasitor tidak sebesar biaya service dinamo atau motor mesin cuci. Tapi ingat, pastikan mengganti kapasitor sesuai dengan nilai aslinya.

  1. Penyebab Lainnya

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, mesin cuci mendengung bisa juga disebabkan oleh pintu mesin cuci yang tidak tertutup rapat, atau ada benda yang menghalangi bagian sensor pintunya. Tapi masalah ini umumnya terjadi pada mesin cuci front load.

Poin penting lainnya yang wajib diperhatikan adalah, pastikan Anda membeli mesin cuci dari HISENSE. Selain menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau, brand yang satu ini terkenal konsisten menghasilkan produk mesin cuci berkualitas tinggi, dengan fitur mumpuni. 

Ada banyak produk mesin cuci HISENSE yang bisa Anda pilih, termasuk Top Load 13 KG – WTJA1301D, Top Load 10.5KG – WTHD1101T, Top Load 9KG – WTAS901G, Twin Tub 9KG – WSAC901W, Twin Tub 8KG – WSAC801W, Twin Tub 7KG – WSAC701W dan lainnya. 

Produk-produk tersebut bisa Anda dapatkan di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau di situs marketplace seperti Lazada, Shopee, Akulaku, dan JD.ID.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024