Mesin Cuci Mampet, Begini Cara Membersihkannya

Mesin cuci mampet atau saluran pembuangannya tersumbat merupakan salah satu masalah klasik yang cukup sering terjadi. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari saringan mesin cuci yang sudah sangat kotor atau rusak, hingga adanya benda yang menyumbat saluran pembuangan.

Untuk mengatasinya, hal pertama yang dilakukan adalah menganalisa dulu penyebab mesin cuci yang mampet, kemudian menyelesaikannya sesuai dengan penyebab utamanya.

  • Tersumbat Akibat Saringan Mesin Cuci Rusak atau kotor

Umumnya saringan mesin cuci yang tersumbat disebabkan oleh residu dan sisa kotoran yang sudah sangat menumpuk, dan jarang dibersihkan. Terkadang kotoran tersebut sudah mengerak, dan sangat sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Pastikan air yang di bak penampungan sudah habis. Jika benar-benar tersumbat, Anda bisa mengeluarkan air tersebut secara manual menggunakan gayung.
  • Setelah itu, gunakan kunci untuk membuka tutup saringan, dan ambil saringan tersebut. Cuci hingga bersih, Anda bisa menyemprotnya dengan air bertekanan tinggi. 
  • Jika sudah bersih, pasang kembali saringannya, dan tutup kembali. Jika saringan sudah tidak layak digunakan, segera ganti dengan yang baru. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda rutin menggunakan mesin cuci, setidaknya satu minggu sekali. Selain itu, bersihkan bagian saringan secara rutin, minimalnya 1-2 bulan sekali. 

  • Tersumbat Akibat Benda di Saluran Pembuangan

Tidak jarang sumbatan di saluran pembuangan disebabkan oleh akibat benda kecil, seperti potongan kain, ornamen pakaian yang lepas, kemasan deterjen liquid, dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Bongkar bagian pulsator dengan menggunakan obeng.
  • Setelah itu, angkat pulsator dengan menggunakan kabel usb yang dililitkan setiap ujung pulsator, dan bersihkan benda-benda yang menyumbat di saluran pembuangan.
  • Setelah selesai, bilas bagian tersebut hingga benar-benar bersih. Pasang kembali pulsator dan bautnya dengan menggunakan obeng

Sama seperti membersihkan filter, pulsator sangat disarankan untuk dibersihkan secara berkala, minimalnya 1-2 bulan sekali. Proses ini bisa dilakukan bersamaan dengan pembersihan filter.

  • Tersumbat Akibat Tumpukan Kotoran di Klep atau Katup

Klep atau katup pada mesin cuci bisa menghambat saluran pembuangan air pada mesin cuci. Bukan hanya menyebabkan proses pembuangan air menjadi lambat, sumbatan pada klep bahkan bisa menyebabkan saluran pembuangan benar-benar tersumbat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka body belakang mesin cuci, kemudian lepaskan tali di bagian saluran pembuangan air. Setelah itu pisahkan bagian per dan karet klep.
  • Bersihkan seluruh bagian tersebut dari kotoran yang menempel. Biasanya kotoran di bagian ini berupa lumpur atau benda kecil lainnya.
  • Setelah dibersihkan dengan maksimal, pasang kembali tali klep, per, dan penutupnya, kemudian tutup lagi body belakang mesin cuci.

Untuk mencegah alur pembuangan mampet, Anda bisa melakukan perawatan rutin dengan cara membersihkan bagian-bagian yang berpotensi tersumbat. Selain itu, biasakan untuk melakukan pencucian kosong dengan air panas setelah selesai mencuci.

Caranya, siapkan air  panas, kemudian nyalakan mesin cuci seperti biasa. Biarkan mesin cuci menyala hingga 5-10 menit, dan bersihkan airnya. Trik ini berfungsi untuk membuang kotoran yang masih tersisa pasca proses pencucian, sekaligus untuk melunakkan residu yang mengeras.