Mengenal Android TV. Apa Saja Sih Kelebihannya?

Anda mungkin sering mendengar istilah Smart TV, tapi bagaimana dengan Android TV? Produk TV yang satu ini merupakan versi penyempurna dari Smart TV dengan fitur yang jauh lebih lengkap, dan sudah tentu jauh lebih baik ketimbang jenis produk TV lainnya.

Sesuai dengan namanya, Android TV merupakan jenis TV yang di dalamnya sudah disematkan sistem operasi Android besutan Google. Hal ini berbeda dengan Smart TV yang umumnya dibekali dengan sistem operasi yang disediakan oleh pihak pabrikan. 

Jika diibaratkan handphone, Smart TV merupakan featured phone yang membawa sistem operasi hasil ‘olahan’ dari pabrikan ponsel tersebut, sedangkan Android TV sudah disematkan sistem operasi Android seperti layaknya sebuah produk smartphone kekinian. 

Fitur Apa Saja Yang Dimiliki Android TV?

Karena disematkan sistem operasi Android, sudah tentu produk ini mampu menjalankan berbagai jenis aplikasi yang berbasis Android, bisa langsung terkoneksi dengan Internet, berkesempatan mendapatkan update sistem operasi Android, dan berbagai fitur lainnya. 

Tidak hanya menonton channel TV favorit lewat antena konvensional, Android TV dilengkapi dengan fitur menonton video langsung di YouTube, atau layanan video streaming lainnya yang beredar di Internet. Anda bahkan bisa memasukan game, dan berbagai fitur hiburan tambahan lainnya. 

Fitur yang tidak kalah menarik adalah koneksi ke perangkat Android seperti tablet atau smartphone. Jadi jika Anda memiliki akun platform video streaming premium, akun tersebut bisa dikoneksikan langsung dari ponsel ke Android TV sekaligus. 

Singkat kata, memiliki Android TV sudah tentu akan membuat Anda lebih mudah mengakses berbagai fitur hiburan yang tersedia di dunia mata, termasuk menonton Live Streaming. 

Android TV Lebih Baik Ketimbang Smart TV?

Jika dikatakan lebih baik, sebenarnya ini kembali kepada kebutuhan Anda. Namun secara fitur dan fleksibilitas, harus diakui jika Android TV jauh lebih baik dengan dukungan layanan pengembang yang jauh lebih luas ketimbang Smart TV. 

Smart TV sendiri sebenarnya sudah dibekali dengan kemampuan untuk terkoneksi dengan internet, menonton video streaming, dan aktivitas hiburan lainnya di dunia maya. 

Namun bedanya, karena Smart TV masih menggunakan sistem operasi yang diberikan pihak produsen TV tersebut, sudah tentu Anda tidak akan mendapat dukungan terhadap aplikasi tambahan yang tersedia di Google Play Store, maupun update sistem operasi yang sangat terbatas.

Untuk kualitas videonya sendiri disesuaikan dengan jenis produk dan kualitas dari layar yang disematkan dalam TV tersebut. Namun secara garis besar, umumnya Smart TV dan Android TV sudah dilengkapi dengan kualitas layar serta gambar yang jauh lebih baik ketimbang produk lainnya.

Android TV Mahal?

Jika Anda belum mengenal produk Android TV dari Hisense, mungkin anggapan ini benar. Namun jika sudah mengenal Hisense, Anda akan menemukan fakta jika Android TV sangat terjangkau, bahkan harganya nggak jauh beda dengan produk Smart TV atau produk TV generasi sebelumnya. 

Hal ini disebabkan karena Hisense merupakan brand terbaik yang selalu siap memberi berbagai produk Android TV dengan harga yang sangat terjangkau, seperti Smart Android TV – 32E4F, Smart Android TV – 43E4F, Android TV – 42A4200G, Android TV – 32A4200G, dan produk lainnya.

Jangan khawatir dengan kualitasnya, Hisense merupakan produsen TV yang konsisten memberikan kualitas terbaik. Selain itu, Hisense juga merupakan official partner ajang EURO 2020 kemarin, jadi sudah tentu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Anda bisa mendapatkan produk Android TV Hisense di toko elektronik terdekat, atau bisa juga membelinya langsung di gerai resmi Hisense, dan situs e-commerce seperti JD.id, Akulaku, Electronic City, Lazada, dan Shopee.