Mengenal AC Split, Kelebihannya dan Contoh Produk Terbaiknya

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang cukup familiar di berbagai Negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Sesuai dengan namanya, AC berfungsi mendinginkan ruangan saat udara di luar terasa sangat panas.

Di pasaran sendri terdapat banyak jenis pilihan AC yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan ruangan, salah satu pilihan paling populer adalah AC Split. Meski namanya kurang familiar, tapi Anda pasti sering melihat jenis AC ini, bahkan mungkin menggunakannya. 

Apa itu AC Split?

AC Split merupakan jenis penyejuk ruangan yang digunakan khusus untuk mendinginkan ruangan dalam skala tertentu, biasanya ruangan berukuran kecil, seperti kamar, ruang kantor, ruang keluarga dan lainnya, dengan komponen utamanya terbagi dua, yakni Indoor dan Outdoor. Gimana, familiar?

Cara pemasangannya sendiri biasanya ditempel di dinding, dengan komponen outdoor yang ditempel di luar dengan komponen utama berupa blower yang mengatur sirkulasi udara masuk dan keluar, sekaligus terdapat selang pembuangan air. Nah pasti sudah familiar bukan? 

Secara garis besar, AC Split tersusun dari beberapa komponen utama, diantaranya: 

  • Evaporator, komponen ini terbuat dari pipa tembaga panjang, dan dibuat berlekuk-lekuk agar mampu menyerap suhu panas secara efektif.
  • Filter udara, komponen ini berfungsi menyaring udara yang akan dialirkan ke luar agar lebih bersih, bebas polutan dan berbagai virus berbahaya.
  • Motor blower, komponen ini berfungsi mengalirkan udara dari luar untuk masuk ke dalam sebelum akhirnya didinginkan di bagian evaporator dan disaring di bagian filter. 
  • Control panel electric dan sensor suhu, komponen ini berfungsi mengatur seluruh kinerja komponen lainnya, mulai dari timer, fan, blower dan lainnya. 
  • Kondensor, komponen ini terbuat dari pipa tembaga yang berfungsi membuang suhu panas yang terbawa Freon untuk dilepas menjadi udara dingin di ruangan.

Belakangan ini AC Split mulai dimodifikasi dan dikembangkan dengan berbagai teknologi baru, misalnya HISENSE yang meluncurkan banyak varian AC Slip dengan fitur utama R32 Refrigerant dan Evaporator Self-clean, yang membuat produk tersebut mudah perawatannya. 

Tidak hanya itu, beberapa produk penyejuk ruangan kini dilengkapi dengan fitur yang mirip dengan pemurni udara atau air purifier, dan jenis freon terbaru yang membuat produk tersebut lebih ramah lingkungan dan mampu memberi kesejukan yang maksimal ke seluruh ruangan. 

HISENSE sendiri punya beberapa produk AC Split unggulan yang bisa Anda pilih, beberapa diantaranya adalah AC SPLIT 2PK – AN18CDG, AC SPLIT 1,5PK – AN12CDG, AC SPLIT 1PK – AN09CDG, AC SPLIT 0,5PK – AN05CDG, dan AC SPLIT 0,5PK – AN05CEG.

Produk-produk tersebut merupakan salah satu contoh produk terbaik dari jenis AC Split. Anda bisa mendapatkannya di toko elektronik terdekat, seperti Electronic City, dan situs e-commerce seperti Shopee, Lazada, JD.ID dan Akulaku. 

Kenapa Pilih AC Split?

Ada banyak alasan kenapa Anda harus memilih produk AC Split untuk penggunaan rumahan, ruangan kantor, dan sejenisnya. Selain mudah perawatannya, jenis AC ini mampu mendinginkan ruangan secara merata, dan lebih hemat energi. 

Selain itu, AC Split mudah dipasang dan proses instalasinya berjalan sangat cepat. Saat terjadi kerusakan, ada banyak tukang service yang siap melayani permintaan Anda, dengan suku cadang yang sangat melimpah. Ini tidak lepas dari popularitas AC Split yang sangat tinggi. 

Desain AC Split pun sangat cantik, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai pemanis ruangan, dengan kontrol yang sangat mudah. Hanya menggunakan remot control.