Mengenal AC Inverter dan Kelebihannya. Benarkah Hemat Energi?

AC merupakan salah satu home appliances yang bertugas sebagai penunjang kenyamanan selama berada di rumah. Terlebih jika Anda tinggal di wilayah dengan udara yang cukup panas, AC jadi hal yang wajib dimiliki demi menurunkan suhu dalam ruangan.

Namun jangan asal beli. Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum membeli AC adalah, mengetahui sistem kerja pada AC yang akan dibeli, kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan. Di Indonesia sendiri ada beberapa tipe AC yang bisa dipilih, salah satunya AC Inverter.

Apa Itu AC Inverter dan Apa Saja Kelebihannya?

AC Inverter merupakan jenis AC dengan cara kerja yang sama seperti lemari es inverter, yakni compressor akan bekerja mendinginkan ruangan hingga mencapai suhu yang diinginkan. Namun tidak langsung mati, produk ini akan tetap hidup namun dengan menurunkan putarannya.

Saat suhu ruangan naik, dengan cepat AC Inverter ini akan kembali meningkatkan putarannya hingga suhu dalam ruangan kembali ke titik yang diinginkan. Terlihat boros, namun justru cara kerja inilah yang membuat suhu ruangan tetap stabil dan penggunaan daya jadi lebih hemat.

Kelebihan lainnya, AC inverter umumnya sudah menggunakan freon tipe R410A yang jauh lebih ramah lingkungan. Ini berbeda dengan produk lainnya, termasuk produk AC low watt yang hingga kini masih menggunakan teknologi freon R22.

Sebagai catatan, penggunaan freon R22 sudah dilarang di beberapa negara karena terbukti dapat merusak lapisan ozone. Sedangkan untuk di Indonesia, freon R22 masih diperbolehkan untuk digunakan, namun dilarang untuk diproduksi ulang. Dengan kata lain, penggunaan freon R22 ini hanya tinggal menunggu waktu saja sampai seluruh stok yang ada di pabrik dan pasaran habis.

Trik Hemat Dengan AC Inverter

Umumnya AC Inverter menggunakan daya yang cukup besar. Namun jika digunakan sesuai dengan kebutuhan, produk ini justru jauh lebih hemat ketimbang AC low watt. Pasalnya, produk ini hanya akan bekerja memakan daya besar saat proses mendinginkan saja.

Jadi jika Anda ingin AC Inverter tetap hemat listrik, kuncinya adalah menjaga suhu ruangan tetap dingin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan AC Inverter di ruangan yang benar-benar tertutup, seperti kamar, ruang kerja dan lainnya.

Selain itu, jangan menyalakan dan mematikan AC secara manual. Alih-alih menghemat penggunaan daya, kebiasaan ini justru malah membuat kompresor AC bekerja keras dan suhu ruangan yang sudah tinggi malah akan membuat proses pendinginan ruangan jadi lebih lama.

Trik lainnya, jaga kebersihan AC dengan rutin membersihkannya. Minimalnya 3 bulan sekali AC harus dibersihkan secara total, namun untuk perawatan harian Anda bisa menggunakan fitur auto clean yang terdapat dalam beberapa produk AC Inverter.

Gunakan Sesuai Dengan Kebutuhan

Seperti disebutkan diatas, AC Inverter memang banyak kelebihannya, namun di sisi lain produk ini pun memiliki banyak kekurangan, salah satunya tidak cocok digunakan di ruangan terbuka, atau luas dan ruangan yang sering buka-tutup, misalnya ruang tamu atau ruang keluarga.

Penggunaan AC Inverter di ruangan terbuka atau di tempat yang berpotensi mengalami peningkatan suhu dengan cepat justru akan membuat penggunaan daya AC ini jadi lebih tinggi, sehingga tagihan listrik Anda akan membengkak. Selain itu, kondisi ini pun membuat AC cepat rusak.

Untuk mendapatkan pengalaman sempurna menikmati AC, sangat disarankan untuk menggunakan produk AC dari Hisense. Ada banyak produk yang bisa dipilih, diantaranya Hisense AC Standard 1.5 PK/1/2PK – AN12CDG yang bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, ada juga Hisense AC Standard 1 PK/1/2PK – AN09CDG, Hisense 1/2PK AN05CEG R32, hingga Hisense AC Split Standard 1 PK R32 AN09CDG dan lainnya.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024