Lampu Kulkas Mati, Begini Cara Mengatasinya 

Kulkas dilengkapi dengan lampu yang secara otomatis akan hidup saat kita membuka pintunya, dan langsung mati saat pintu kulkas kita tutup. Sistem ini berguna agar usia pakai komponen ini lebih panjang, sekaligus untuk mengurangi penggunaan listrik. 

Dipasaran sendiri saat ini lampu kulkas sudah menggunakan lampu LED. Selain lebih terang, lampu LED jauh lebih hemat energi, dan usia pakainya lebih panjang. Sementara untuk produk kulkas lama, umumnya masih menggunakan lampu bohlam biasa. 

Bagaimana jika lampu tersebut mati?

Pada dasarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lampu kulkas mati, mulai dari aliran daya yang tidak sampai pada kulkas, switch atau tombol on-off mengalami kerusakan atau malfungsi, kabel putus, hingga lampu yang mengalami kerusakan. 

Berikut beberapa cara mengatasi masalah lampu kulkas mati.

  • Cek Sumber Daya

Produk kulkas inverter umumnya sangat senyap, sehingga tidak jarang kita tidak menyadari saat ada masalah. Jika lampu kulkas Anda mati, pastikan sumber daya tersedia dengan cara, mengecek stop kontak (apakah listriknya menyala atau tidak), mengecek kabel daya, dan seterusnya. 

Anda juga bisa memegang bagian kompresor yang berada di bagian belakang. Jika terasa dingin, dan tidak ada getaran, bisa jadi masalahnya terdapat pada sumber daya atau motor kompresor mengalami masalah. Jika semuanya normal, dipastikan ada bagian lain dari lampu yang bermasalah.

  • Cek Switch Lampu

Coba buka pintu kulkas Anda dan fokus di area dekat poros. Di sana Anda akan menemukan sebuah tombol yang berbentuk panjang menonjol keluar. Jika ditekan, Anda akan merasakan ada per yang menahannya sehingga tombol tersebut akan kembali setelah dilepas.

Komponen inilah yang disebut switch lampu atau saklar lampu. Pastikan komponen ini masih berfungsi dengan baik dengan menekan dan melepasnya. Jika masih empuk atau per-nya berfungsi dengan baik, maka kemungkinan bagian switch tidak bermasalah.

  • Cek Kabel Lampu

Untuk yang satu ini tergolong agak sulit dilakukan karena Anda harus melakukan pembongkaran. Caranya, cungkil bagian switch dari luar, kemudian periksa bagian pinnya, apakah terlihat ada cacat atau solderannya terputus atas tidak. 

Selanjutnya, cari bagian catu daya, kemudian dengan menggunakan avo meter, cek bagian kabel, apakah masih tersambung atau tidak. Jika semuanya masih berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ini disebabkan oleh lampu. 

  • Ganti Lampu

Mengetahui kerusakan lampu kulkas sebenarnya lebih mudah dilakukan. Ada hanya perlu membuka lampunya, kemudian memeriksa kondisi fisiknya. Untuk lampu kulkas yang masih menggunakan bohlam, kerusakan lampu bisa terlihat secara fisik. 

Sedangkan untuk kulkas yang menggunakan lampu LED, kerusakan lampu bisa dipastikan dengan beberapa metode pengukuran menggunakan avo meter, menggunakan sumber daya eksternal untuk memastikan lampu masih berfungsi atau tidak, hingga pemeriksaan fisik. 

Jangan Dianggap Enteng

Meski terlihat sepele, jangan sepelekan fungsi lampu kulkas. Selain sebagai alat penerangan, lampu kulkas bisa jadi indikator apakah kulkas kita masih berfungsi dengan baik atau tidak. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, pastikan kulkas yang Anda gunakan berkualitas terbaik.

HISENSE merupakan produsen elektronik asal Tiongkok yang terpercaya selalu menghadirkan produk-produk terbaru berteknologi tinggi, dengan kualitas di atas rata-rata, punya banyak varian produk, dan harga yang sangat terjangkau. 

Produk kulkas HISENSE tersedia dalam berbagai ukuran kapasitas, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa mendapatkan produk-produk HISENSE di Electronic City, atau toko elektronik terdekat, atau situs e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Akulaku, JD.ID, dan lainnya.