Kulkas Tidak Dingin? Begini Cara Mengatasinya

Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang berfungsi untuk mendinginkan, sekaligus memperpanjang usia simpan makanan. Namun sama seperti perabotan rumah tangga lainnya, kulkas pun kerap mengalami beberapa masalah fungsi, salah satunya tidak dingin. 

Kenapa bisa seperti itu? Berikut merupakan beberapa penyebab kulkas Anda tidak dingin, dan bagaimana cara mengatasinya.

  • Bunga Es Sudah Menumpuk

Tumpukan bunga es yang biasa terdapat di bagian freezer bisa jadi penyebab kulkas Anda tidak dingin. Hal ini terjadi ketika bunga es tersebut terlalu menumpuk hingga menutupi bagian lubang angin yang seharusnya berfungsi mengalirkan udara dingin ke dalam kulkas.

Jika Anda melihat hal ini, segera kosongkan kulkas, kemudian matikan. Biarkan bunga es tersebut mencair. Jika kulkas Anda sudah dilengkapi dengan fitur “Defrost”, tinggal aktifkan fitur tersebut. Pastikan semua bunga es tersebut mencair, setelah itu baru bisa kembali menghidupkannya.

  • Freon Habis 

Freon merupakan salah satu komponen utama dalam proses pendinginan di dalam kulkas. Namun dalam beberapa kondisi, freon dalam kulkas bisa habis. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari usia pemakaian yang cukup lama, hingga kebocoran di aliran freon. 

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanggil teknisi kulkas dan minta mereka untuk mengisi ulang gas freon. Selain itu, teknisi tersebut bisa Anda minta untuk memastikan apakah freon habis pada kulkas Anda disebabkan karena pemakaian, atau karena adanya kebocoran.

  • Karet Pintu Kulkas Kendor

Karet pintu kulkas berfungsi untuk menahan udara dingin tetap berada di dalam kulkas. Namun saat karet pintu kulkas mengalami kerusakan (karet pecah-pecah, kehilangan elastisitas, atau kendor), maka otomatis udara dingin akan mengalir keluar, dan kulkas pun tidak dingin lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengganti karet pintu kulkas. Produk karet ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai kualitas. Pastikan memilih produk berkualitas baik. Saat pemasangan, jangan lupa untuk memastikan kulkas bisa tertutup dengan sempurna.

  • Stop Kontak Rusak

Biasanya karena ada kebocoran, atau kondisi lainnya, kulkas yang memakan daya cukup besar menyebabkan stop kontak rumah mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, terkadang steker (colokan listrik) kulkas pun akan mengalami kondisi yang sama. 

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu melihat lampu indikator kulkas. Apakah masih menyala dengan normal atau tidak. Jika ternyata lampu mati atau redup, sebaiknya periksa bagian stop kontaknya. 

  • Periksa Pengaturan Suhu

Terlihat lucu, namun masalah ini memang cukup sering terjadi, terutama saat membeli kulkas baru. Saat Anda memasukkan steker kulkas ke dalam stop kontak, kulkas memang langsung menyala. Tapi suhu yang dikeluarkan tidak dingin seperti yang diharapkan. 

Saat masalah ini terjadi, coba cek kembali pengaturan suhu pada kulkas tersebut. Jika berada di posisi minimal, Anda bisa langsung memutarnya sesuai dengan suhu yang dibutuhkan. Jika masih bingung, coba tempatkan alat pengatur suhu tersebut berada di tengah-tengah.

  • Perhatikan Kualitas Kulkas

Jangan lupa memperhatikan kualitas kulkas yang Anda miliki. Ada banyak pilihan kulkas terbaik yang bisa Anda pilih, namun yang terbaik dari semuanya adalah produk kulkas dari HISENSE. Selain harganya yang terjangkau, HISENSE selalu menghadirkan kulkas sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa produk HISENSE yang direkomendasikan untuk Anda adalah, Hisense Inverter Side by Side Refrigerator 564L – RS680SN4IBU, Inverter 4 Door Refrigerator 507L – RQ561N4IWBU, Inverter 2 Door 459L- RT546N4IWBU, dan 2 Door Refrigerator 411L – RT416N4IBV.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024