Kerusakan Yang Cukup Sering Terjadi pada AC

Sebagai produk elektronik rumahan yang digunakan hampir setiap waktu, AC sangat rentan mengalami kerusakan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan AC di rumah cepat rusak, mulai dari kualitas produk AC yang dipakai, penggunaan yang tidak tepat dan lainnya. 

Terlepas dari semua itu, secara garis besar ada beberapa jenis kerusakan yang cukup sering terjadi pada AC, dan tidak jarang (jika terus dibiarkan) kerusakan-kerusakan tersebut akan menyebabkan AC menjadi rusak total. Jika sudah begini, solusinya adalah membeli AC yang baru. 

Berikut beberapa jenis kerusakan yang sering menimpa pada produk AC rumahan, dan beberapa solusi praktis untuk mengatasinya.

  • Kebocoran pada AC

Kebocoran pada AC bukan hanya mengganggu, tapi juga dapat menyebabkan dampak buruk lainnya yang tidak bisa diabaikan. Biasanya, kebocoran tersebut disebabkan adanya sumbatan di saluran evaporator AC atau pembuangan yang membuat aliran air menjadi tidak lancar. 

Untuk mengatasi masalah ini, fokus membersihkan bagian pembuangan merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Selain itu, kebocoran pada AC bisa juga disebabkan oleh kekurangan freon. Solusinya, Anda hanya perlu menambahkan freon lagi.

  • AC Tidak Dingin

AC tidak dingin bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari ukuran AC indoor (PK) yang tidak sebanding dengan ukuran ruangan yang harus didinginkan, terjadi kebocoran pada pipa, kekurangan freon, dan beberapa kerusakan komponen vital lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan penyebab utama AC tidak dingin. Jika ternyata disebabkan oleh ukuran AC yang terlalu kecil, solusi terbaik adalah melakukan upgrade ke ukuran AC yang lebih besar. 

  • Aroma Tidak Sedap pada AC

Dalam beberapa kondisi AC bisa mengeluarkan aroma tidak sedap. Jelas ini tidak bisa dibiarkan karena bisa mengganggu kenyamanan, dan beresiko menimbulkan masalah kesehatan orang-orang yang berada di dalamnya. Umumnya masalah ini disebabkan oleh tumpukan bakteri dan jamur. 

Aroma tidak sedap pada AC menunjukkan adanya kerusakan serius pada komponen utamanya. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya segera panggil tukang service AC untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh, termasuk melakukan pembersihkan di bagian filter.

  • AC Berisik

Selain aroma yang tidak sedap, terkadang AC menjadi sangat berisik saat dinyalakan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini, salah satunya AC yang sudah terlalu lama bekerja keras, sehingga butuh ‘istirahat’ sejenak untuk mendinginkan komponen-komponen di dalamnya. 

Selain itu, suara berisik pada AC bisa juga disebabkan oleh sekrup yang longgar, penyangga yang salah posisi, sparepart yang patah, atau kompresor yang sudah bermasalah. Solusinya, kencangkan semua baut pada AC, periksa bagian penyangga atau komponen lainnya.

  • Kualitas AC Buruk

Kerusakan AC bisa juga disebabkan oleh kualitas AC yang memang sangat buruk. Tidak ada solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini kecuali segera menurunkan AC di ruangan Anda, dan segera ganti dengan produk AC dari HISENSE. 

AC HISENSE dikenal punya banyak kelebihan ketimbang produk AC lainnya, mulai dari harga yang lebih terjangkau, konsumsi daya yang lebih hemat, dan mudah dirawat. Selain itu, sebagai bukti kualitasnya, HISENSE memberi garansi kompresor selama 5 tahun, dan sparepart service 2 tahun.

Anda bisa mendapatkan produk AC terbaik dari HISENSE di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau bisa juga di situs e-commerce seperti JD.ID, Akulaku, Lazada, Shopee, dan lainnya.