Kenali Beberapa Tanda Freon AC di Rumah Sudah Habis

Pernahkah Anda mengalami kondisi AC terasa tidak berfungsi, padahal sudah diset dalam kondisi yang sangat dingin. Hati-hati, bisa jadi ini merupakan salah satu gejala freon AC sudah habis, atau mengalami kebocoran yang menyebabkan freon tersebut mudah habis.

Freon sendiri pada dasarnya merupakan senyawa kimia berbentuk gas, dan biasa digunakan dalam perangkat elektronik yang membutuhkan proses penurunan suhu udara, misalnya AC, dan kulkas.

Jangan pernah biarkan kondisi ini terus terjadi. Selain membuat ruangan terasa nggak nyaman dan membuat tagihan listrik terus meningkat tanpa dirasakan manfaatnya, AC yang freonnya mengalami kebocoran bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Freon yang terlepas ke udara bisa menyebabkan iritasi di beberapa bagian organ tubuh bagian luar, seperti mata, hidung, dan lidah. Dalam kondisi yang lebih serius, senyawa ini dapat meningkatkan resiko kebutaan, hingga luka bakar di kerongkongan.

Tanda Freon AC Sudah Habis

Tanda freon AC sudah habis sebenarnya bisa dikenali dari beberapa gejala umum yang muncul pada produk AC yang Anda miliki, salah satunya suhu ruangan yang tetap tinggi (udara tetap panas) meski sudah diset dalam kondisi sangat dingin. 

Selain itu, terdapat sejumlah gejala khas lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanda freon AC sudah habis, diantaranya:

  • Coba pegang bagian pipa AC. Jika bagian ini tidak terasa dingin, ini merupakan salah satu tanda terkuat freon sudah sudah habis. 
  • Lampu indikator (lampu timer) terus berkedip. Tapi ingat, lampu indikator yang berkedip bisa juga merupakan tanda adanya masalah di bagian kompresor AC. 
  • Terdapat gumpalan di bagian evaporator AC yang menyebabkan terjadi kebocoran pada AC. 
  • AC mengeluarkan suhu panas atau hangat, atau berfungsi seperti kipas angin. 
  • Mesin atau komponen area outdoor tidak mengeluarkan udara panas.
  • Tagihan listrik membengkak, padahal Anda merasa penggunaan listrik tidak meningkat. 
  • AC mengeluarkan bunyi yang cukup bising. 

Tanda lainnya yang wajib diwaspadai adalah, muncul gejala keracunan, seperti kepala pusing, mata berair atau terasa perih, dan lainnya, saat memasuki ruangan yang terdapat AC tersebut. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Solusi terbaik yang bisa diambil adalah, segera panggil tukang service dan lakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Ini penting, mengingat freon habis bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor usia hingga terdapat kebocoran pada produk AC tersebut. 

Setelah dipastikan tidak ada masalah pada unit dan proses instalasi, Anda bisa meminta teknisi untuk melakukan pembersihan, dan pengisian ulang freon. 

Untuk menjaga hal tersebut tidak terulang kembali, pastikan untuk menggunakan produk-produk AC berkualitas terbaik dari HISENSE, salah satu contohnya AN09CDG. Produk ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, 2-3 jutaan saja untuk kategori AC 1 PK. 

Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik, diantaranya garansi resmi kompresor selama 5 tahun, dan sparepart service selama 2 tahun.

Selain itu,  HISENSE AC AN09CDG merupakan produk AC terbaik yang sudah menggunakan refrigerant freon R32. Ini merupakan jenis freon generasi terbaru yang sangat ramah lingkungan, dan tidak merusak ozon. 

HISENSE AN09CDG hadir dengan menawarkan berbagai fitur modern, seperti Smart Mode, LED Display dan Self Cleaning yang memudahkan Anda dalam merawatnya. Selain itu, ada juga fitur modern seperti Self-Diagnosis & Automatic Protection, dan Golden Fin (Indoor & Outdoor).

Kemudian da juga fitur Quiet Mode, Evaporator Self-clean, Gas Leakage Detection dan 100% Copper Pipe yang menjadikan produk ini lebih tahan lama, dan lebih mudah dalam perawatan.

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024