Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan AC Bocor

AC merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang masuk dalam kategori wajib, terutama jika Anda tinggal di wilayah dengan suhu udara yang cukup panas. Selain untuk menghadirkan kenyamanan, AC bisa bermanfaat untuk memastikan Anda menghirup udara tanpa polusi. 

Namun karena kurang perawatan, atau produk yang Anda beli mungkin kurang berkualitas, AC di rumah terkadang ‘ngadat’ dan menyebabkan beberapa masalah pelik, salah satunya bocor. Masalah ini memang mudah diatasi, tapi cukup sering terjadi dan sangat menjengkelkan. 

nah agar Anda bisa lebih waspada, berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan AC di rumah Anda menjadi bocor.

  •  Filter kotor

Filter udara merupakan bagian yang cukup sering kotor karena fungsinya untuk menyaring udara agar terbebas dari debu dan berbagai kotoran lainnya. Jika kotor, sirkulasi udara tidak akan mencapai gulungan evaporator, hingga menyebabkan kebocoran pada AC, 

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membersihkan bagian filter AC. Jika terlihat sudah sangat kotor, atau tidak layak pakai, sebaiknya ganti dengan filter baru. Jangan lupa bersihkan AC secara berkala, setidaknya 3-4 bulan sekali. 

  • Pemasangan yang keliru

Coba perhatikan lagi posisi pemasangan AC di rumah Anda, jangan-jangan tidak simetris (terlalu miring) atau bagian yang keliru. Biasanya masalah seperti ini justru terjadi setelah proses pembersihan AC, atau kondisi lain yang mengharuskan Anda membongkar AC. 

Untuk mengatasinya, pastikan seluruh bagian AC dipasang dengan baik sesuai dengan tepat dan posisinya. Selain itu, perhatikan juga cara pemasangannya, jangan sampai posisi AC miring, terlalu menengadah, atau justru terlalu menunduk ke bawah.

  • Kebocoran Freon

Kebocoran freon merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi, dan tergolong sangat berbahaya. Selain berpotensi menyebabkan kebakaran, kebocoran freon bisa juga menyebabkan keracunan udara, dan masalah lainnya. 

Freon sendiri merupakan gas yang berfungsi menyerap udara hangat yang berasal dari ruangan Anda, kemudian menggantinya dengan udara dingin. Untuk mengatasinya, Anda wajib segera menghubungi teknisi, sekaligus mengisi kembali freon yang sudah menghilang akibat bocor.

  • Lumut dan jamur

AC yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan sumbatan di saluran pembuangan. Selain debu, masalah ini bisa juga disebabkan oleh tumpukan jamur dan lumut. Solusinya, bersihkan bagian pembuangan tersebut hingga benar-benar bersih. 

Selain kebocoran, tumpukan jamur dan lumut bisa mengundang banyak masalah, termasuk meningkatkan pertumbuhan bakteri dan merusak komponen AC. Sama seperti bagian filter, bagian pembuangan harus dibersihkan secara berkala, minimalnya 3-4 bulan sekali. 

  • Pipa Tua

Pipa AC yang sudah lama tidak diganti bisa menyebabkan bagian pelapisnya rusak. Jika sudah terjadi, biasanya masalah pertama yang paling umum terjadi adalah kebocoran pada AC. Untuk mengatasinya, mengganti pipa dengan yang baru merupakan solusi terbaik. 

Pastikan Anda memilih produk pipa yang berkualitas tinggi. Selain itu, bersihkan komponen ini secara rutin. Pasalnya, debu dan kotoran bukan hanya sekedar mengotori AC dan membuatnya terlihat ‘jorok’, tapi juga akan membuat usia pakai pipa menjadi lebih pendek, dan mudah bocor.

Penyebab lainnya, kebocoran pada AC bisa juga disebabkan oleh kualitas AC yang buruk sehingga komponen di dalamnya mudah mengalami kerusakan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memilih produk AC HISENSE yang sudah terbukti berkualitas tinggi. 

Anda bisa memilih berbagai produk AC split dari HISENSE dengan berbagai ukuran, dan fitur canggih di dalamnya. Jangan khawatir, AC HISENSE kini sudah tersedia di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau situs e-commerce seperti Lazada, Shopee, JD.ID dan lainnya.