Kapan Waktunya AC Harus di Service?

Melakukan service Air Conditioner atau AC yang digunakan pada ruangan secara berkala akan memperpanjang lifetime atau waktu penggunaan dan menjaga performa kerja AC agar selalu baik. AC semakin dibutuhkan, bukan saja sebagai alat untuk menyejukkan ruangan tetapi juga dapat membantu tingkat kelembaban dan memperlancar sirkulasi udara, membersihkan udara dengan cara menyaring partikel debu, bau bahkan tungau.

Pentingnya service AC

Banyak orang yang menyepelekan pentingnya menservice AC secara berkala. Terutama penggunaan AC di hunian-hunian tempat tinggal. Ketidaktahuan dan keterbatasan informasi akan manfaat melakukan pembersihan dan pengecekan AC menjadi alasan utamanya. 

Berikut beberapa manfaat menservice air conditioner secara berkala, yaitu:

  • Mengetahui dan memastikan kondisi AC

Dengan melakukan service secara berkala, membuat AC dapat bekerja secara optimal untuk menyejukkan suhu ruangan. Dan Kita akan dapat memastikan jika kondisi penyejuk ruangan itu berfungsi dengan baik.

  • Menjaga kinerja AC agar tetap prima

AC yang dipergunakan tanpa dilakukan service secara berkala akan berkurang kualitas dan kinerjanya. Penurunan secara bertahap akan terjadi akibat berbagai hal, antara lain kerusakan spare part, kebocoran yang membuat freon menjadi berkurang dan masih banyak lagi. Tanpa pembersihan dan maintenance yang teratur, maka akan terjadi penurunan performa minimal sebesar 5%. Hal ini juga menimbulkan berbagai resiko kerusakan pada bagian-bagian AC

  • Mengatasi masalah secara dini

Maintenance AC yang dilakukan secara teratur akan mempermudah kita menemukan trouble dan penanganannya sesegera mungkin. Semakin cepat permasalahan ditangani, biaya yang dikeluarkan akan semakin kecil. Kerusakan atau masalahnya pun pasti tidak sebesar jika tanpa service rutin. 

  • Terbebas dari jamur dan bakteri

Penampakan AC yang bersih tidak menjadi jaminan bahwa AC benar-benar bersih. Pendingin ruangan ini merupakan tempat berkumpulnya jamur dan bakteri. Pada bagian-bagian AC yang lembab merupakan tempat sempurna bagi jamur dan bakteri untuk tinggal dan berkembangbiak. Membiarkannya tanpa melakukan pembersihan akan membuat penggunanya mengalami gangguan kesehatan, seperti sinusitis dan penyakit pernapasan lainnya. 

  • Meningkatkan kenyamanan

AC yang tidak rajin diservice akan menimbulkan suara yang bising dan mengganggu. Alih-alih untuk meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan dengan mendapatkan udara yang sejuk, kita dipusingkan dengan suara bising yang membuat sakit telinga. 

  • Menghindari korosi

Komponen AC dan bagian body AC yang terbuat dari besi akan mengalami korosi akibat terkena kondensasi udara dan freon jika tidak di service dengan baik. Bagian dari karat yang berbentuk partikel kecil dapat terbawa oleh udara yang dihembuskan AC. Jika partikel ini terhirup dan masuk ke dalam paru-paru, resiko kesehatan serius akan timbul. Terutama pada orang-orang lansia, anak-anak dan balita yang sangat rentan dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. 

Untuk menghindari kondisi seperti itu, kita perlu menjaga kondisi AC dengan melakukan perawatan secara rutin dan berkala.

Service AC dan Pengerjaannya

Dengan menimbang berbagai resiko yang tidak kecil tersebut, ada baiknya kita selalu menjadwalkan pengecekan dan perawatan AC agar kondisinya tetap terjaga. Selain untuk memperpanjang umur pakai pendingin ruangan tersebut, juga untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin saja timbul akibat pemakaian AC tanpa perawatan.

Banyak orang belum mengetahui kapan tepatnya AC perlu diservice. Sebaiknya AC di service setidaknya satu kali dalam satu tahun.  Tanpa harus menunggu tanda-tanda kerusakan pada AC, kita tetap harus melakukan pengecekan dan service satu kali dalam satu tahun. Tujuannya agar dapat dipastikan AC berfungsi secara normal dan maksimal. Sehingga AC dapat berguna untuk menyejukkan ruangan kapanpun saat diperlukan.

Untuk pengerjaannya sendiri terdiri dari berbagai tindakan, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan AC itu sendiri. 

  • Secara berkala mencuci kondensor AC

Komponen kondensor pada AC berguna untuk membuang debu dan kotoran yang telah diserap oleh refrigeran melalui evaporator. Jika kondensor kotor maka udara yang lewat akan terhalangi. Akibatnya temperatur akan naik. Salah satu penyebab AC tidak lagi mengeluarkan udara dingin adalah karena kondensor yang kotor dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Saat inilah waktu yang paling tepat untuk menservice AC dengan pengerjaan pencucian kondensor.

  • Penggantian filter AC secara berkala

AC menggunakan filter yang perlu diganti satu kali setiap bulannya. Ini merupakan service yang paling ringan pada peralatan elektronik ini. 

  • Penambahan freon

Jika terjadi kebocoran atau AC lama tidak digunakan, biasanya freon akan berkurang dan perlu ditambahkan. Kurangnya freon juga dapat mengakibatkan udara yang dihasilkan AC kurang sejuk.

  • Service besar karena adanya kerusakan

Ketika AC jarang diservice, maka kerusakan kecil yang terjadi akan melebar menjadi kerusakan besar. Di beberapa kasus ditandai dengan suara yang bising, udara yang tidak sejuk dan tetesan air yang berlebihan. Dengan kondisi seperti ini, kita perlu memanggil tukang service AC untuk mengetahui dan memperbaiki kerusakan pada AC. 

Untuk memberi kenyamanan yang lebih maksimal, pastikan Anda hanya memilih produk AC Hisense yang dilengkapi dengan berbagai banyak keunggulan ketimbang produk lainnya. Ada beberapa produk yang direkomendasikan untuk Anda, diantaranya AC Split 2PK – AN18CDG, AC Split 1.5PK – AN12CDG, AC Split 1PK – AN09CDG, AC Split 0.5PK – AN05CDG, AC Split 0.5PK – AN05CEG.

Dibanding dengan produk lainnya, perawatan produk AC Hisense sangat mudah, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa poin berikut ini: 

  • Agar proses pendinginan ruangan tetap maksimal, pastikan ruangan Anda tertutup saat menggunakan AC.
  • Gunakan fitur timer agar komponen AC tetap awet. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa mengaktifkan fitur Smart yang terdapat di semua produk AC Hisense.
  • Pastikan kondisi kipas AC tetap dalam kondisi baik dan bersih. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala, minimalnya satu minggu sekali.
  • Lakukan service rutin secara berkala. Hisense memberikan informasi layanan servis untuk memastikan kondisi AC di rumah Anda tetap berfungsi secara optimal.

Menariknya, semua produk AC Hisense memiliki fitur pembersihan otomatis. Anda hanya perlu menekan tombol SUPER saat AC dalam keadaan mati,dalam mode Cooling atau Dry. Sangat mudah dan dapat menghemat waktu Anda.

Keunggulan lainnya adalah AC Hisense dilengkapi dengan teknologi Golden Fin (Indoor & Outdoor), dirancang dengan menggunakan teknologi analisis simulasi terkemuka, teknologi Hisense Golden Fin dapat meningkatkan kinerja pertukaran panas secara efektif pada evaporator dan kondensor, sekaligus membuat AC tahan karat. 

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024