Jangan Asal Pasang, Begini Posisi AC yang Tepat untuk Kamar Tidur

Anda tentu setuju tidur di kamar dengan udara panas jauh dari kata nyaman. Alih-alih tertidur pulas, justru Anda malah akan sering terbangun untuk sekedar mengganti baju, atau mengganti sprei kasur yang sudah tidak nyaman karena banjir keringat.

Tidak hanya itu, keringat yang tertinggal dalam kasur Anda akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali, hingga akhirnya meningkatkan berbagai macam resiko penyakit kulit, seperti gatal-gatal, dan aroma kasur yang tidak sedap. 

Untuk mengatasinya, memasang AC di dalam kamar merupakan solusinya. Tapi jangan asal pasang, berikut cara menentukan posisi terbaik saat akan memasang AC untuk kamar tidur.

  • Jangan Langsung Berhadapan dengan Tempat Tidur

Banyak orang yang berpikir menghadapkan AC langsung ke tempat tidur akan membuat udara dingin akan terasa lebih maksimal. Padahal menurut ilmu kesehatan, memasang AC langsung berhadapan dengan tempat tidur justru malah akan berbahaya bagi kesehatan.

Selama kita tidur, hembusan udara dingin dari AC akan menyebabkan kulit kita mudah kering, beresiko berbahaya bagi paru-paru, hingga meningkatkan resiko seperti sindrom bell palsy, atau kondisi ketika wajah seseorang mengalami kelumpuhan akibat paparan suhu dingin.

  • Beri Jarak Antara Lantai dengan Atap

Hal lainnya yang wajib diperhatikan adalah, jarak penempatan AC. Pastikan Anda memberi jarak antara lantai dengan atap, setidaknya 2 meter atau sekitar 30 cm lebih tinggi ketimbang ketinggian tubuh kita. Jika memungkinkan, pasang AC dengan jarak sekitar 2.5 meter. 

Ini dilakukan untuk memberi jarak agar hawa dingin yang dikeluarkan tidak langsung menerpa tubuh, melainkan akan dihembuskan ke ruangan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan suhu dingin dari ruangan, bukan paparan langsung dari angin yang dihembuskan AC.

  • Tidak Menghadap Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela merupakan celah yang bisa digunakan udara untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Saat Anda menghadapkan AC ke depan pintu atau jendela, maka peluang pertukaran suhu akan lebih besar saat pintu atau jendela tersebut terbuka. 

Itu artinya, proses pendinginan ruangan tidak akan maksimal, dan AC akan bekerja jauh lebih keras. Bukan hanya meningkatkan konsumsi daya, cara ini akan membuat AC di kamar Anda mudah rusak, dan jauh lebih cepat kotor.

  • Antisipasi Kebocoran Saluran AC

Meski dipasang oleh profesional, tapi sebagai pencegahan sebaiknya jangan menyimpan benda lainnya di bawah AC, misalnya menempatkan peralatan elektronik, stop kontak listrik dan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pada saat terjadi kebocoran saluran AC. 

Selain itu, perhatikan juga kualitas AC yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan produk AC HISENSE yang sudah terbukti aman, nyaman, dilengkapi dengan fitur unggulan yang tidak dimiliki produk lain di kelasnya, sangat mudah dirawat, dan kapasitasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, AC HISENSE dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, dan memiliki usia pakai yang lebih panjang. Anda bisa mendapatkan produk AC HISENSE di toko elektronik terdekat, atau di situs e-commerce seperti Lazada, JD.ID, Shopee, dan akulaku. 

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024