Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Sebelum Beli TV Baru

Saat akan membeli TV baru, kebanyakan orang hanya mempertimbangkan harga dan ukurannya saja. Padahal membeli televisi tidak sesederhana yang dibayangkan, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, terutama faktor perawatan, efisiensi daya, dan faktor lainnya. 

Jika detail teknis ini tidak dipertimbangkan, akan banyak dampak buruk yang bisa didapat dari proses pembelian asal-asalan tersebut, mulai dari usia pakai TV, kualitas tayangan yang bisa dinikmati, hingga konsumsi daya yang harus ditanggung setiap bulan. 

Berikut merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli produk TV baru.

  • Jenis Layar

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah, jenis layar TV yang akan digunakan. Ini penting, mengingat jenis layar dan spesifikasi TV harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan ruangan yang digunakan untuk aktivitas menonton. Berikut beberapa jenis pilihan layar TV.

  • Plasma. Jenis layar ini dapat menampilkan kualitas sinematik, kualitas warna, rasio kontras yang tinggi dan suara menggelegar. Umumnya TV layar plasma berukuran besar, dan cocok digunakan untuk mengisi ruangan besar atau bioskop pribadi. 
  • LCD. Layar ini bisa dijadikan pilihan ekonomis, dengan desain cantik dan kualitas sinematik yang tidak terlalu rendah. Sudut pandang layar LCD sangat terbatas, sehingga cocok digunakan di ruangan sempit dengan bentuk memanjang. 
  • LED. Jenis layar ini tidak terlalu jauh dengan TV LCD, namun dengan kualitas yang lebih baik, mulai dari jangkauan pandangan, kualitas gambar, suara dan lainnya. Layar ini cocok digunakan di hampir semua ruangan, mulai kecil hingga besar. Tergantung ukuran TV-nya. 
  • OLED. Jenis layar ini setingkat lebih baik ketimbang LED, mulai kualitas gambar, suara, kontras rasio, jangkauan pandangan dan lainnya. Layar OLED mengkonsumsi daya yang lebih rendah, sehingga wajar jika harganya sedikit lebih mahal.

Sebagai tambahan, luas ruangan harus disesuaikan dengan ukuran dari TV yang Anda pilih. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kualitas sinematik yang lebih baik.

  • Kontras Rasio

Secara sederhana, kontras rasio diartikan sebagai perbedaan kecerahan antara hitam dan putih yang dihasilkan oleh layar TV. Umumnya kontras rasio ditandai dengan angka seperti 5000:1 dan 2000:1. Main tinggi kontras rasionya, semakin baik kualitas sinematik yang bisa Anda dapatkan.

  • Fitur

Beberapa produsen merancang produk TV dengan beberapa fitur tambahan, mulai dari yang standar hingga fitur tambahan yang lebih komplit. Bahkan belakangan ini populer produk Smart TV dan Android TV yang menyajikan beragam fitur super canggih. 

Sesuai dengan namanya, Smart TV merupakan produk yang dijejali dengan OS khusus, sementara Android TV merupakan produk yang sudah dijejali dengan OS Android seperti layaknya smartphone.

  • Pilihan Brand

Jenis layar dan kontras bukan satu-satunya yang menentukan kualitas dari sebuah produk TV, tapi juga pilihan brand juga perlu dipertimbangkan. Makin besar brand dari produk tersebut, semakin baik kualitas yang disajikan oleh brand tersebut.  

Ini cukup wajar, mengingat secara psikologis bisnis, produsen TV akan berusaha menampilkan produk berkualitas terbaik demi menjaga nama baik dari brand tersebut, meski hal tersebut harus ditebus dengan harga jual yang lebih tinggi.

Salah satu brand ternama yang konsisten menampilkan produk berkualitas terbaik adalah HISENSE. Ada banyak pilihan produk yang bisa Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan. Jangan khawatir, dibandingkan dengan brand besar lainnya, harga TV HISENSE jauh lebih terjangkau. 

Beberapa produk yang direkomendasikan diantaranya, Android TV-43A4200G, LED TV-32A3100G, UHD 4K-85A7G, UHD 4K-75A7G, ULED 4K-65U6G, Smart Android TV-58A6500G, Smart Android TV-55E7G, Smart TV-75A7500F, Digital TV-32A5000F dan lainnya.

Semua produk tersebut bisa Anda dapatkan di Electronic City atau toko elektronik terdekat, atau di situs e-commerce seperti Akulaku, Shopee, JD.ID, dan Bukalapak.