Jangan Asal! Begini Cara Merawat Bahan Linen yang Benar

Bahan linen merupakan salah satu jenis bahan kain yang cukup populer, terutama jenis linen damask yang biasa ditemukan pada gorden. Selain itu, ada juga jenis linen holland yang biasa digunakan sebagai bahan ornamen furniture, dan linen cambric untuk pakaian. 

Bahan linen atau yang disebut sebagai serat rami merupakan bahan yang dibekali dengan lapisan lilin nabati, sehingga dapat menciptakan kesan kain yang berkilau. Selain itu, bahan linen dikenal juga karena bahannya lembut, adem, tebal dan kuat. 

Namun sama seperti jenis kain lainnya, jenis kain ini harus dirawat dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut merupakan beberapa trik untuk merawat bahan linen.

  • Jangan Gunakan Asal Detergen

Pemilihan deterjen jadi hal yang sangat penting dalam proses mencuci, termasuk pada bahan linen. Untuk menjaga bahan tersebut tetap halus dan berkilau, sangat disarankan untuk mencuci bahan linen dengan deterjen khusus yang dilengkapi dengan pelembut. 

Selain itu, hindari menggunakan bahan pemutih karena cara kerja pemutih terlalu keras untuk bahan linen, dan berpotensi besar menyebabkan serat kain menjadi kasar dan rapuh. Di rendaman terakhir, tidak ada salahnya Anda juga menambahkan pelembut.

  • Hindari Merendam Terlalu Lama

Rata-rata produk deterjen menyarankan agar Anda tidak merendam pakaian dalam waktu yang terlalu lama, maksimal 30 menit. Bukan tanpa alasan, merendam pakaian terlalu lama dapat menyebabkan bau, mengundang lebih banyak bakteri dan melemahkan serat kain. 

Selain itu, merendam bahan linen dalam waktu yang lama akan menyebabkan bahan linen menjadi kasar dan mudah rusak. Saat mencuci, gunakan mode soft atau gunakan mode mencuci khusus untuk kain lembut. Jangan lupa, bahan linen sebaiknya dicuci secara terpisah. 

  • Jangan Dijemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Setelah dicuci, Anda bisa mengeringkan bahan linen dengan cara diperas. Hindari menggunakan pengering pakaian yang berbasis udara panas, dan jangan dijemur langsung di bawah terik sinar matahari. Sebaiknya bahan linen dijemur dengan cara diangin-anginkan. 

Menjemur di bawah terik matahari akan menyebabkan bahan linen menjadi kasar dan serat kainnya jadi rapuh. Jika ingin cepat kering, Anda bisa menjemur bahan linen di pagi hari sebelum jam 9, setelah itu pindahkan ke area yang tidak terpapar langsung sinar matahari.

  • Setrika dari Bagian Dalam

Sebelum disimpan, biasanya Anda bisa menyetrika bahan linen seperti biasa. Tapi hati-hati, jangan gunakan suhu terlalu panas. Suhu panas dari setrika akan merusak serat kain linen, dan menyebabkan kain menjadi kasar, mudah sobek dan cepat rusak. 

Agar lebih aman, gunakan alas khusus untuk menyetrika, misalnya setrika dialasi dulu dengan kertas karton atau setrika bagian dalamnya. Selain dengan kertas, Anda bisa melapisi atau mengalasi bahan linen dengan kain halus kering. 

  • Gunakan Mesin Cuci Berkualitas Terbaik

Untuk hasil pencucian yang maksimal, pastikan menggunakan mesin cuci berkualitas tinggi. HISENSE menawarkan banyak sekali varian produk mesin cuci terbaik yang bisa Anda pilih untuk mencuci kain berbahan lembut, termasuk bahan linen. 

Beberapa produk terbaik yang bisa Anda pilih diantaranya mesin cuci Top Loading 10.5KG-WTHD1101T, Top Loading 10.5KG-WTCS1101G, Top Loading 9KG-WTAS901G, Top Loading 8KG-WTAR801G, Twin Tub 9KG-WSAC901W, dan lainnya. 

Anda bisa mendapatkan produk terbaik dari HISENSE di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau bisa juga di situs e-commerce, seperti Shopee, JD.ID, Akulaku, Lazada, dan lainnya.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024