Ini Sebabnya Warna TV LED Anda Berubah Nggak Normal

TV LED seharusnya mampu menampilkan warna yang tajam, dengan detail yang jauh lebih baik ketimbang TV LCD. Namun dalam beberapa kondisi terkadang hal ini tidak Anda dapatkan, bahkan akurasi warna dari TV LED Anda terlihat ngaco atau tidak normal. 

Kenapa bisa seperti itu? Berikut beberapa penyebab kenapa TV LED Anda tidak menampilkan warna yang akurat, bahkan tampak tidak normal. 

  • Salah Satu Warna Utama Tidak Muncul

Anda melihat warna TV LED terlihat tidak normal karena salah satu warna utama, red, green, blue (RGB) tidak muncul. Padahal dalam pengaturan manual TV, warna-warna tersebut terlihat ada, bahkan bisa disetting namun tidak memperlihatkan perubahan. 

Jika masalah ini yang muncul, ada kemungkinan salah satu komponen dari rangkaian warna tersebut mengalami kerusakan. Atau bisa jadi IC RGB bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut, segera periksakan TV Anda ke tempat service.

  • Kualitas Solderan Buruk

Selain kerusakan komponen, warna TV LED yang abnormal bisa juga disebabkan karena kualitas solderan yang buruk. Kondisi ini bisa terjadi beberapa waktu setelah TV keluar dari tempat service, atau bisa juga disebabkan karena cacat produksi. 

Kerusakan solderan ini bisa juga disebabkan karena panas yang berlebihan (meski kasus ini jarang terjadi jika kualitas solderannya baik), PCB terlipat tau tertekuk, tercungkil saat proses pemeriksaan kerusakan, dan sebab lainnya.  

  • Kerusakan pada Transistor Warna

Selain IC RGB atau IC warna, warna yang abnormal pada TV LED bisa juga disebabkan karena transistor warna mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena banyak faktor, mulai karena faktor usia, pemakaian non-stop yang menyebabkan panas berlebih, dan lainnya. 

Kerusakan transistor warna biasanya dimulai dari gejala ketajaman warna yang mulai pudar, hingga benar-benar menjadi abnormal. alam kondisi normal, proses ini umumnya berlangsung cukup lama. Bahkan ini baru terasa setelah membandingkan TV Anda dengan milik orang lain. 

  • Kerusakan Resistor Akibat Short

Resistor merupakan komponen yang berfungsi untuk membatasi arus masuk-keluar agar sesuai dengan kebutuhan komponen setelahnya. Umumnya resistor ini termasuk dalam komponen yang jarang mengalami kerusakan, kecuali jika terjadi shot atau hubungan arus pendek. 

Kerusakan resistor ini bisa juga disebabkan karena komponen sebelumnya mengalami kerusakan atau mendapatkan arus berlebih, di luar batas toleransi dari resistor tersebut. Kerusakan pada resistor harus segera diatasi karena bisa merembet pada komponen lainnya. 

  • Tegangan Turun

Saat terjadi penurunan tegangan pada katoda, pantulan warna akan terganggu. Biasanya masalah ini ditandai dengan warna TV LED yang cenderung lebih gelap atau redup. Masalah ini bisa disebabkan penurunan voltase, dan kerusakan kabel atau jalur yang menghubungkan dioda dan katoda.

Untuk menurunkan resiko masalah penurunan kualitas warna, gunakan selalu produk TV HISENSE. Selain harganya yang jauh lebih terjangkau, HISENSE merupakan brand yang sangat fokus pada kualitas produk, sehingga TV LED HISENSE memiliki usia pakai yang lebih panjang. 

Anda bisa mendapatkan produk TV LED HISENSE di Electronic City, toko resmi HISENSE, atau bisa juga lewat situs e-commerce, seperti JD.ID, Shopee, Akulaku, Lazada, dan lainnya.

Ada banyak produk terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengisi rumah Anda, seperti 4K UHD TV A6501UWT, Smart Androud TV – 32A6000F, LASER TV – HE100L5, ULED 4K – 55U6G, Android TV – 70A6500G, dan lainnya.