Ini Penyebab Kompresor AC Cepat Rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen utama pada AC, sekaligus jadi komponen yang paling sering mengalami kerusakan. Fungsi utama dari komponen ini adalah, sebagai pendorong freon AC agar sirkulasi udara dingin berjalan lancar.

Salah satu gejala kompresor AC bermasalah adalah, udara dingin yang tidak keluar dari AC, meski Anda sudah mensettingnya dalam level maksimal. Ada banyak penyebab kenapa kompresor AC cepat mengalami kerusakan, diantaranya adalah: 

  • Tegangan Listrik Tidak Stabil

AC membutuhkan tegangan listrik stabil sebesar 220-230 volt. Kebutuhan ini bisa Anda lihat dari keterangan yang tertera pada buku panduan atau nameplate AC tersebut. Namun dalam kondisi tertentu, terkadang tegangan tersebut tidak berjalan lancar. 

Misalnya, karena instalasi kabel listrik yang buruk, atau karena sebab lainnya, menyebabkan tegangan yang masuk ke dalam AC menjadi berkurang, atau malah mengalami lonjakan. Jika ini terus terjadi, kondisi ini akan meningkatkan resiko kerusakan pada kumparan motor kompresor.

  • Kelebihan Tekanan 

Setiap produk AC memiliki standar kanan yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi produk tersebut. Pada produk AC split standard umumnya tekanan yang dibutuhkan dibawah 3 phase, atau sekitar di bawah 80 Psi. 

Dalam beberapa kondisi terkadang tekanan yang diterima AC justru menjadi lebih tinggi. Sama seperti saat mengalami kelebihan tegangan, kelebihan tekanan bisa menyebabkan beberapa komponen utama pada AC akan mengalami kerusakan, terutama di bagian kompresor.

  • Kekurangan Oli Kompresor

Kompresor butuh oli untuk melumasi piston sehingga kemampuannya untuk mengalirkan freon akan berjalan lebih maksimal. Makanya ketika oli kompresor mengalami penyusutan, otomatis kinerja kompresor akan menurun, bahkan bisa menyebabkan kerusakan.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan oli kompresor mengalami penyusutan, mulai dari kebocoran freon, karena faktor usia, minimnya perawatan, dan kondisi lainnya. Melakukan perawatan rutin merupakan solusi untuk mencegah hal ini terjadi secara berulang.

  • Sirkulasi Freon Terhambat

Terganggunya sirkulasi freon merupakan salah satu penyebab terbanyak kompresor mengalami kerusakan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi ini, mulai dari pipa freon yang menekuk, pipa yang tersumbat oleh kotoran hingga oli yang naik ke sistem sirkulasi freon.

Selain itu, terhambatnya sirkulasi freon bisa disebabkan karena masalah kapasitor, kesalahan dalam sambungan pipa instalasi, dan beberapa penyebab lainnya. Anda bisa mengenali kebocoran freon atau terjadinya sumbatan dari bunga es yang tiba-tiba muncul di pipa sambungan outdoor. 

  • Faktor Usia Kompresor

Untuk faktor yang satu ini, tidak bisa dipungkiri jika usia pakai kompresor yang sudah terlalu lama tidak hanya akan menyebabkan kemampuan tekananya berkurang, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kompresor tersebut. 

Solusinya, tentu saja ini merupakan waktu terbaik untuk mengganti kompresor AC atau mengganti beberapa komponen yang disinyalir sudah tidak mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal. 

Terlepas dari penyebab utama kenapa kompresor AC di rumah Anda mengalami kerusakan, penting untuk selalu mempertimbangkan produk AC dari Hisense. Selain terkenal tangguh dengan usia pakaian yang lama, dan mudah dirawat, AC Hisense sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern. 

Ada banyak produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan rumah Anda, seperti AC split 2PK – AN18CDG, AC split 1,5PK – AN12CDG, AC split 1PK – AN09CDG, AC split 0,5PK – AN05CDG, AC split 0,5PK – AN05CEG dan pilihan produk menarik lainnya.