Hati-hati! Ini Yang Bikin TV LED Anda Cepat Rusak

TV LED merupakan salah satu jenis TV paling populer di masyarakat. Selain karena kualitas gambar yang mengagumkan dan dentuman suara yang menggelegar, desain TV LED jauh lebih cantik dan modern sehingga cocok dijadikan sebagai ‘hiasan’ di ruang tamu.

Namun yang jadi masalah, banyak orang mengeluhkan usia pakai TV LED yang terbilang singkat. Beberapa merk sudah mulai bermasalah di usia pemakaian 5 tahun, sementara produk lainnya masih bisa stabil meski sudah digunakan selama 10 tahun.

Selain karena usia pakai, ada beberapa penyebab TV LED jadi lebih singkat, bahkan usia pakainya kurang dari 5 tahun.

  • Sirkulasi Udara Buruk

Tampilan TV LED yang sangat ramping dan ringan didesain bukan hanya sekedar memperindah tampilannya saja, tapi agar Anda bisa menempatkan TV tersebut di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Jika tidak memungkinkan, TV LED bisa disimpan dengan cara ditempel ke dinding. 

Menyimpan TV LED di dalam lemari dengan sirkulasi udara yang tidak begitu lancar, apalagi jika disimpan di ruangan yang membuatnya mudah panas akan membuat TV tersebut mudah rusak. Bahkan usia pakaianya bisa jauh lebih pendek. 

  • Tempat yang Lembab

Kebalikan dengan kondisi di atas, menyimpan TV LED di tempat yang lembab akan membuat komponen di dalamnya mudah berjamur. Hal ini tentu beresiko membuat TV cepat rusak, dan usia pakainya jadi lebih singkat. 

Ini berlaku saat Anda menempatkan TV LED di dinding yang bocor, apalagi berjamur. TV LED pasti akan lebih cepat rusak. Maka dari itu pastikan TV LED disimpan di tempat terbaik, dengan sirkulasi udara yang baik, tidak lembab dan bebas jamur. 

  • Arus Listrik Tidak Stabil

Sebenarnya ini berlaku bukan hanya untuk TV LED, tapi seluruh perangkat elektronik yang membutuhkan listrik sebagai daya utamanya. Pastikan arus listrik di rumah Anda stabil, dengan tegangan sekitar 220V/50A. 

Jika di rumah Anda tegangan dan arus listriknya tidak stabil, sebaiknya gunakan UPS atau stabilizer. Langkah lainnya, minta petugas PLN untuk mengecek tegangan dan arus listrik di rumah Anda. Jika perlu, Anda bisa mengulang kembali sistem pengkabelan di dalam rumah.

  • TV Tidak Pernah Dimatikan

Seperti disebutkan diatas, TV LED memiliki usia pakai 4-10 tahun, atau bisa juga dihitung berdasarkan jam pemakaian. Dalam kondisi normal, terutama usia pakai komponen layar, rata-rata layar LED bisa digunakan selama 40.000 dan 100.000 jam.

Maka dari itu, untuk menghemat usia pakaiannya, pastikan Anda mematikan TV jika tidak digunakan atau tidak ditonton. Jika khawatir ketiduran (biasanya saat menonton malam), Anda bisa menggunakan timer agar TV bisa mati secara otomatis. 

  • Produk Abal-abal

Banyak orang yang ‘tertipu’ dengan harga murah, padahal TV LED tersebut menggunakan komponen yang mudah rusak, dengan setting usia pakai yang lebih pendek. Maka dari itu, pastikan Anda membeli produk TV LED terbaik agar kualitas didapat jauh lebih maksimal.

Hisense merupakan brand TV LED yang konsisten memberikan kualitas terbaik, dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Ada banyak pilihan produk TV dari Hisense yang bisa Anda pilih, mulai dari Smart Android TV – 32E4F, Smart Android TV – 43E4F, Android TV – 42A4200G, dan lainnya. 

Selain itu, masih banyak produk TV Hisense terbaik lainnya, diantaranya Android TV – 32A4200G, LED TV – A3100G, UHD 4K – 85A7G, ULED 4K – 65U6G, Digital TV – 32A5000F, Smart TV – 75A7500F, Smart TV – 58A7100F, Smart TV – 43A7100F, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan produk TV dari Hisense di Electronic City dan toko elektronik lainnya, atau di situs e-commerce, seperti Lazada, JD.ID, Akulaku, Shopee dan lainnya.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024