Hati-hati! Ini Penyebab AC Freon Bocor Yang Jarang Disadari

AC bocor freon merupakan hal yang sangat mengganggu. Selain menyebabkan AC kurang dingin, kebocoran AC bisa juga menyebabkan tagihan listrik jadi membengkak. Penyebabnya sendiri cukup beragam, bisa karena cara instalasi yang kurang baik, hingga kurang baik dalam perawatannya.

Berdasarkan beberapa kasus kebocoran AC, tingkat kebocoran sendiri dibagi jadi dua kategori, pertama kebocoran yang dapat ditoleransi. Biasanya kondisi ini ditandai dengan freon yang habis sejak 7-12 bulan pasca pemasangan atau service terakhir. 

Yang kedua adalah tingkat kebocoran parah yang harus segera ditangani. Kondisi ini umumnya ditandai dengan freon yang habis hanya dalam waktu 3-4 bulan setelah pemasangan, atau service terakhir. Kondisi ini bisa juga ditandai dengan beberapa gejala umum, diantaranya:

  • Munculnya bunga es pada pipa instalasi
  • AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin
  • Tidak ada suhu panas yang keluar di bagian unit outdoor

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pengecekan instalasi, pembersihan komponen penting AC, dan pengecekan ulang freon AC. 

Penyebab Kebocoran Yang Jarang Disadari

Meski sudah melakukan service rutin, namun faktanya banyak orang yang mengeluhkan AC cepat bocor. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya sambungan pipa instalasi tidak sempurna, terutama karena baut atau bagian nepel yang tidak diputar kencang.

Kondisi ini akan menyebabkan freon bocor dari celah baut nepel. Penyebab lainnya, AC bocor bisa juga disebabkan oleh proses pengelasan yang tidak sempurna sehingga menyebabkan terbentuknya celah kecil yang dijadikan sebagai jalan keluar bagian freon.

Selain akibat baut nepel yang tidak kencang atau proses pengelasan yang tidak sempurna, kebocoran pada AC bisa juga disebabkan oleh flaring pipa sudah retak atau pecah. Akibat dari kondisi ini, proses pemasangan nepel tidak berjalan optimal, dan kebocoran tidak dapat dihindarkan lagi. 

Faktor penyebab kebocoran lainnya yang jarang disadari adalah pipa instalasi yang mengalami korosi. Umumnya masalah ini disebabkan oleh pemakaian pipa yang sudah sangat lama. Namun dalam beberapa kondisi, masalah ini bisa juga muncul akibat kualitas pipa yang kurang baik. 

Bagaimana Cara Mencegah Kebocoran pada AC?

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah, pastikan proses instalasi AC berjalan maksimal, terutama bagian baut yang harus terpasang kuat. Selain itu, flaring pipa AC pun harus berjalan sempurna agar baut atau nepel bisa terpasang dengan baik. 

Trik lainnya yang wajib diperhatikan adalah, pastikan melakukan pemeriksaan secara berkala. Jika terdapat karat di bagian pipa instalasi, sebaiknya segera bersihkan. Jika terdapat kebocoran, segera hubungi teknisi untuk mengatasinya. 

Hal penting yang wajib diperhatikan adalah, pastikan Anda menggunakan AC berkualitas terbaik. Pilih produk AC Hisense yang sudah terbukti mampu mendinginkan ruangan dengan cepat, dengan konsumsi daya yang jauh lebih hemat ketimbang produk AC lainnya. 

Ada banyak pilihan produk AC Hisense yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan,  beberapa diantaranya adalah, AC SPLIT 2PK – AN18CDG, AC SPLIT 1,5PK – AN12CDG, AC SPLIT 1PK – AN09CDG, AC SPLIT 0,5 PK – AN05CDG, dan AC SPLIT 0,5 PK – AN05CEG, dan lainnya.

Semua produk tersebut hadir dengan berbagai jenis fitur modern, diantaranya Self-Diagnosis & Automatic Protection, Quiet Mode, Golden Fin (Indoor & Outdoor), Evaporator Self-clean, Gas Leakage Detection untuk mengetahui adanya kebocoran, dan 100% Copper Pipe.

Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik tersebut di Electronic City dan toko elektronik lainnya, atau bisa juga di toko e-commerce seperti JD.ID, Akulaku, Shoppee, dan lainnya. 

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024