Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Mesin Cuci

Karena sering bersentuhan dengan sabun, banyak orang yang berpikir mesin cuci mereka bersih. Tapi siapa sangka di dalam mesin cuci justru menyimpan banyak endapan yang hanya akan terlihat saat Anda membongkar permukaan tabungnya. 

Untuk membersihkan bagian penampung air yang berada di bawah tabung, memang cara termudahnya adalah dengan membongkar tabungnya. Namun cara ini tergolong sulit dan ribet, belum lagi Anda butuh peralatan dan teknik membongkar mesin cuci yang baik. 

Tapi tenang, membersihkan mesin cuci tidak seribet yang dibayangkan kok. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan batuan konsentrat mesin cuci. Caranya mudah kok.

  • Siapkan konsentrat mesin cuci. Biasanya konsentrat mesin cuci ini berbentuk gel yang bisa dengan mudah didapat di toko online atau toko alat kebersihan. 
  • Setelah siap, isi mesin cuci dengan air hingga mencapai level tertinggi. Setelah itu masukkan beberapa buah gel konsentrat tersebut ke dalam mesin cuci. 
  • Nyalakan mesin cuci dan biarkan konsentrasinya tercampur dengan air. Dari proses ini Anda akan melihat air yang berubah menjadi keruh. 
  • Jangan khawatir, itu merupakan sisa endapan atau residu mesin cuci yang terangkat oleh konsentrat tersebut. Lakukan proses ini sekitar 5-10 menit. 
  • Setelah itu matikan mesin cuci dan biarkan cairan konsentrat tersebut tetap dalam mesin cuci. Tunggu hingga 2-3 jam, dan buang airnya. 

Setelah itu bilas mesin cuci dengan menggunakan air agar kotoran yang masih tersembunyi di bagian bawah tabung terangkat dengan sempurna. Proses pembilasan ini biasanya memakan waktu 2-3 kali saja. Lakukan hingga mesin cuci benar-benar bersih.

Sebagai catatan, setiap produk konsentrat punya cara kerja dan penggunaan yang berbeda-beda. Pastikan Anda membaca dengan teliti peringatan dan tata cara penggunaannya, termasuk jumlah konsentrat yang dimasukkan dan lama waktu pembilasan. 

Bersihkan Mesin Cuci Dengan Bahan Rumahan

Selain dengan menggunakan konsentrat mesin cuci, Anda pun bisa membersihkan mesin cuci dengan menggunakan bahan-bahan rumahan. Cara ini memang tidak seefektif saat Anda menggunakan konsentrat mesin cuci, namun hasilnya cukup memuaskan jika Anda rutin melakukannya. 

Salah satu bahan rumahan yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci adalah cairan cuka dan baking soda. Caranya cukup mudah.   

  • Pertama, air panas 10-15 liter air panas (tergantung dari kapasitas tabung mesin cuci Anda), 500-750 ml cuka putih dan 40-60 gram bubuk soda kue. 
  • Masukkan air panas ke dalam mesin cuci, dan biarkan selama 3-5 menit. Setelah itu nyalakan mesin cuci selama 5 menit, dan buang airnya. 
  • Siapkan lagi air panas dalam jumlah yang sama, namun kali ini masukkan baking soda dan cuka putih, kemudian nyalakan mesin cuci agar kedua bahan tersebut larut. 
  • Setelah larut, matikan mesin cuci dan tunggu selama 10-15 menit. Nyalakan mesin cuci dan biarkan hingga cairan tersebut terlihat keruh. 
  • Buang air larutan baking soda dan cuka tadi, kemudian bilas kembali mesin cuci. Untuk hasil yang maksimal, bilas mesin cuci dengan menggunakan air hangat.
  • Untuk tabung mesin cuci yang menggunakan bahan metal, sebaiknya proses pembilasan dilakukan 2-3 kali agar tidak ada sisa larutan cuka yang menempel.

Kedua cara tersebut (dengan konsentrat mesin cuci atau campuran baking soda-cuka), selain dapat membersihkan mesin cuci dari endapan residu, cara tersebut cukup efektif untuk membersihkan kuman dan bakteri yang bersembunyi di bagian dalam tabung mesin cuci. 

Proses pembersihan tersebut bisa Anda lakukan setiap 1 bulan sekali, atau paling lambat 3 bulan sekali. Ini penting, selain menjaga mesin cuci tetap awet, membersihkan mesin cuci dapat melenyapkan bakteri dan kuman yang beresiko menempel di pakaian Anda. Selamat mencoba!

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024