Cara Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak

TV LED merupakan jenis TV yang sangat populer dan digunakan banyak keluarga Indonesia. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, jenis TV ini tidak mengkonsumsi daya yang tinggi, sangat mudah didapat, dan terdapat banyak pilihan produk sesuai dengan kebutuhan.

Namun terdapat sejumlah kekurangan yang wajib diperhatikan oleh para pemilik TV LED, salah satunya mudah mengalami kerusakan jika tidak diperlakukan dengan baik. Lebih parahnya lagi, kerusakan kecil pada TV LED bisa menyebar ke banyak komponen, hingga panel layar. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, terdapat sejumlah trik untuk merawat TV LED agar tidak cepat rusak. Mau tahu apa saja? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

  • Perhatikan Kelembaban dan Suhu Area TV

Perhatikan tempat menyimpan TV LED. Pastikan tempat tersebut memiliki suhu ruangan atau suhu normal, sekitar 20-25 derajat Celcius. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah, TV LED Anda akan bermasalah dengan kualitas gambar, hingga mati total.

Selain suhu, pastikan Anda memperhatikan tingkat kelembabannya. Jika tembok atau tempat tinggal Anda sangat lembab, sebaiknya penyimpanan TV sedikit dijauhkan dari tembok. Tingkat kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan komponen TV LED berjamur dan cepat rusak.

  • Jangan Dibiarkan Terus Menyala

Lebih dari setengah nilai TV LED terletak pada bagian panelnya. Sedangkan panel layar TV LED umumnya memiliki usia pakai sekitar 40.000 sampai dengan 100.000 jam. Itu artinya, semakin lama dan sering Anda menggunakan TV LED tersebut, maka usia pakainya pun akan semakin pendek. 

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan TV LED sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan waktu bersantai bersama keluarga, atau di akhir pekan untuk menonton TV bersama. Jika tidak digunakan atau tidak ada yang menonton, pastikan TV dalam kondisi mati.

  • Gunakan Stabilizer 

Sesuai dengan namanya, stabilizer merupakan alat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik. Jika Anda tinggal di wilayah yang sering mengalami drop tegangan (tegangan naik-turun tidak beraturan), sebaiknya gunakan stabilizer tegangan. 

Selain itu, stabilizer tegangan dapat membantu perangkat elektronik di rumah Anda mendapatkan tegangan yang lebih stabil, dan merata sesuai dengan kebutuhannya. Tapi ingat, sebaiknya pilih produk stabilizer tegangan berkualitas tinggi. 

  • Bersihkan Layar Dengan Benar

Sama seperti perabotan lainnya, TV LED harus dibersihkan agar terhindar dari debu, terutama bagian panel layarnya. Dengan menjaganya tetap bersih, panel layar TV LED Anda akan menampilkan gambar yang lebih terang dan jernih.

Tapi ingat, pastikan Anda membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut, dan gunakan cairan khusus pembersih layar. Saat membersihkannya, jangan terlalu ditekan, dan gosok bagian panel layar dengan gerakan memutar.

  • Gunakan TV Berkualitas

Sebaik apapun Anda merawat TV LED, tetap saja usia pakainya tidak akan maksimal jika produk yang dipilih tidak berkualitas tinggi. Maka dari itu, pastikan Anda membeli produk TV HISENSE yang sudah teruji dan terbukti berkualitas tinggi, lebih awet dan tahan di segala kondisi. 

Selain itu, produk TV dari HISENSE sangat mudah didapat, dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau bisa juga di situs e-commerce, seperti Shopee, Akulaku, JD.ID, dan lainnya. 

Ada banyak pilihan produk yang bisa Anda dapatkan, dengan berbagai ukuran dan fitur. Semua produk tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Recent Posts

Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024
Hisense Menyambut Kiper Iker Casillas dalam ‘BEYOND GLORY’ Campaign UEFA EURO 2024™
QINGDAO, China, May 20, 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global bekerjasama dengan Iker Casillas, mantan kipe
Read More
22 Mei 2024