Cara Membuat Kulkas Tetap Awet dan Hemat Listrik

Meski kini sudah masuk dalam daftar perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki, namun faktanya banyak orang yang mengeluh terkait tagihan listrik yang membengkak. Ini cukup wajar, mengingat kulkas merupakan peralatan yang dinyalakan setiap hari, selama 24 jam. 

Bukan itu, pemakaian yang dilakukan secara nonstop inipun akan membuat kulkas menjadi lebih rusak, dengan usia pakai yang lebih pendek. Tentu ini sangat merugikan, mengingat harga kulkas dengan kualitas terbaik masih tergolong mahal untuk pasar Indonesia. 

Adakah solusinya? Tenang saja, Anda hanya perlu melakukan beberapa trik berikut ini agar kulkas yang Anda gunakan bisa berumur panjang, dan lebih hemat listrik.

  1. Tata Letak

Penting untuk memperhatikan dimana Anda menempatkan kulkas, jangan hanya berdasarkan lokasi penempatan stop kontak listrik. Idealnya, kulkas ditempatkan di lokasi yang tidak terkena sinar matahari, atau ruangan yang bersuhu tinggi. Tempatkan kulkas di area yang dingin. 

Usahakan penempatannya tidak terlalu mepet ke dinding. Beri jarak sekitar 5-10 cm dari tempat mesin kulkas disimpan. Biasanya, kulkas modern dilengkapi dengan tonjolan pembatas atau tempat mesin didesain sedikit menjorok ke dalam untuk menghindari pola penyimpanan yang mepet ke tembok. 

  • Penyimpanan Makanan

Perhatikan juga makanan yang disimpan di dalam kulkas. Biasanya kulkas terbagi dalam 3 bagian, di bagian atas disebut freezer tempat membekukan makanan, ice maker, dan penyimpanan frozen food. Di bagian bawahnya ada chiller yang bersifat umum. 

Sementara di tahap ketiga, biasanya disediakan sekat dan wadah khusus untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan. Simpan makanan tersebut sesuai dengan jenisnya. Catatan lainnya, tidak boleh menyimpan makanan panas, dan jangan mengisi kulkas dengan makanan di luar kapasitasnya. 

  • Pastikan Kulkas Tertutup Rapat

Sebenarnya ini aturan sederhana yang berdampak besar pada tagihan listrik, dan usia pakai dari produk kulkas yang Anda gunakan. Membiarkan kulkas terbuka atau tidak tertutup rapat akan membuat udara dingin tidak terkunci di area dalam kulkas.

Akibatnya, kulkas akan terus bekerja keras untuk mendinginkan area tersebut, dan butuh tenaga ekstra untuk melakukannya. Tentu ini akan berpengaruh kepada tagihan listrik yang membengkak, dan usia pakai kulkas yang jadi lebih pendek (cepat rusak).

  • Bersihkan Secara Berkala

Pastikan untuk membersihkan kulkas, minimalnya satu bulan sekali. Anda bisa melakukan proses pembersihan ini saat makanan di dalam kulkas telah kosong. Lakukan pembersihan kulkas, mulai dari bagian body luar, hingga bagian dalam kulkas (termasuk bagian penyekat).

Bagian freezer pun harus dibersihkan dengan maksimal, terutama jika kulkas Anda masih menghasilkan bunga es. Tapi ingat, pastikan proses pembersihan ini dilakukan dalam kondisi kulkas mati, dan biarkan kulkas istirahat beberapa jam dengan pintu terbuka. 

  • Pilih produk Kulkas Terbaik 

Setiap produsen pasti mengklaim jika produk mereka yang terbaik. Tapi sebelum Anda percaya dengan teknik marketing mereka, pastikan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh, mulai dari fitur, konsumsi daya di hentakan pertama, konsumsi daya dalam periode pendinginan dan lainnya. 

Agar Anda tidak kecewa, HISENSE memberikan banyak pilihan produk kulkas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak hanya itu, produsen elektronik asal Tiongkok ini menjamin produk mereka merupakan yang terbaik di kelasnya, dengan usia pakai yang lebih panjang. 

Kelebihan lainnya, selain mudah dalam perawatan dan sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi, kulkas HISENSE sangat mudah didapat. Anda bisa membelinya di Electronic City dan toko elektronik terdekat, atau bisa juga di situs e-commerce seperti JD.ID, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024