Biar Awet & Nggak Boros Listrik, Begini Cara Merawat Kulkas

Kulkas merupakan salah satu home appliance yang saat ini sudah hampir dimiliki seluruh keluarga di Indonesia. Selain untuk mendinginkan makanan, kulkas kerap digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan memperpanjang usia simpan bahan makanan tersebut.

Namun karena harus standby selama 24 jam, banyak orang yang akhirnya menilai jika kulkas merupakan sumber pemborosan keuangan keluarga. Hal ini diperparah dengan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat menggunakan kulkas. 

Nah biar kulkas di rumah Anda lebih awet dan lebih hemat listrik, berikut beberapa trik yang wajib diperhatikan saat menggunakan kulkas.

  • Tutup Rapat Pintu Kulkas

Ini penting, pastikan untuk selalu menutup pintu kulkas dengan rapat. Pasalnya, celah pada pintu bisa menyebabkan udara dingin yang berada di dalam kulkas tidak terperangkap dengan baik, sehingga kulkas secara otomatis akan terus bekerja keras untuk mendinginkan suhu ruangan. 

Bukan hanya menyebabkan boros listrik, kondisi ini bisa menyebabkan kulkas cepat rusak karena terus bekerja dalam mode full energi. Jangan lupa periksa karet pintu kulkas. Jika sudah keras atau tidak elastis lagi, segera ganti. Hal ini berlaku untuk magnet pintu kulkas dan komponen lainnya.

  • Isi Sesuai Kapasitasnya

Setiap kulkas punya kapasitas maksimal penyimpanannya. Agar lebih awet, kamu bisa menggunakan kulkas tersebut sesuai dengan kapasitasnya. Yang lebih disarankan adalah, mengisi kulkas dengan kapasitas sekitar 60-90 persen dari total kapasitas maksimalnya. 

Kulkas yang terlalu penuh dengan makanan dan bahan makanan akan menyebabkan suhu di ruangan tersebut sulit mencapai titik maksimal, sehingga kondisinya sama seperti kulkas yang pintunya tidak tertutup rapat. Kulkas akan cepat rusak, dan penggunaan listrik akan lebih boros.

  • Jangan Simpan Makanan Panas

“Nanti juga dingin sendiri”. Itulah kalimat yang sering kita dengar saat orang-orang menyimpan makanan panas, seperti sup, bubur kacang, atau makanan panas lainnya dalam kulkas. Faktanya, memang benar makanan akan cepat dingin. 

Tapi ingat, proses menuju cepat dingin tersebut harus mengorbankan banyak hal. Pertama, mesin kulkas akan bekerja ekstra keras untuk melawan udara panas, sekaligus mendinginkan ruangan kulkas. Imbasnya sama, pemakaian listrik akan melonjak, dan kulkas jadi cepat rusak.

  • Jangan Buka Kulkas Saat Mati Listrik

Karena takut makanan yang di dalam jadi bau dan mudah busuk, banyak orang yang langsung membuka pintu kulkas ketika mati listrik. Percayalah, teori ini salah kaprah karena udara dingin yang mestinya memudahkan kulkas untuk bekerja akan keluar semua. 

Imbasnya, kulkas akan bekerja dari nol saat listrik hidup kembali, dan ini akan memakan daya yang sangat tinggi. Jika ada pemutusan listrik lebih dari 2×24 jam, Anda baru bisa mencabut kabel kulkas dan mengeluarkan isinya. Ini bisa dijadikan momen untuk membersihkan bagian dalam kulkas.

  • Matikan Jika Tidak Dipakai

Selain mati lampu lebih dari 2×24 jam, Anda bisa mematikan kulkas saat isinya sudah kosong. Ini penting, kulkas kosong akan menyebabkan penggunaan daya listrik lebih boros dan kulkas cepat rusak karena mesin harus bekerja keras untuk menjaga suhu ruangan yang terlalu luas tetap dingin. 

Cara yang sama bisa Anda lakukan saat akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Tapi ingat, selama dimatikan pastikan pintu kulkas dalam kondisi terbuka dan bagian dalamnya sudah dibersihkan lebih dulu, minimalnya dilap agar bagian dalamnya benar-benar kering.

Selain trik di atas, Anda bisa menghemat listrik dengan menggunakan kulkas dari Hisense. Ada banyak produk kulkas yang bisa dipilih, seperti Hisense Inverter 2 Doors 459L – RT546N4IWBU, Side by Side Refrigerator 564L – RS670N4IBU, dan Inverter Side by Side  Refrigerator 564L- RS680SN4IBU.

Kemudian pilihan lainnya, seperti 2 Doors Refrigerator 411L – RT416N4IBV, Inverter 4 Doors Refrigerator 507L – RQ561N4IWBU, 2 Doors Refrigerator 411L – RT486N4IBV, dan 2 Doors Refrigerator 223L – RS266 Series

Selain hemat energi, produk dari Hisense terkenal sangat handal, punya  usia pakai yang lebih panjang, dan sangat mudah dirawat.