Begini Cara Gunakan Mesin Cuci Agar Hemat Listrik

Mesin cuci merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang dapat membantu meringankan beban pekerjaan kita, terlebih bagi ibu rumah tangga yang merangkap sebagai wanita karier. Selain hemat waktu, mesin cuci dapat menghemat tenaga Anda. 

Tapi yang jadi masalah, mesin cuci memakan daya yang cukup besar, apalagi jika digunakan lengkap dengan mesin pengeringnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut beberapa trik menggunakan mesin cuci agar lebih hemat listrik.

  • Gunakan Deterjen Khusus Mesin Cuci

Di pasaran ada dua jenis deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian, bubuk dan liquid atau yang dikenal dengan sebutan deterjen cair. Terlepas dari jenis deterjen yang Anda gunakan, sebaiknya gunakan deterjen khusus mesin cuci. 

Kenapa bisa seperti itu? Deterjen khusus mesin cuci didesain tidak menghasilkan busa berlebih, dan bekerja lebih cepat ketimbang deterjen biasa. Keunggulan ini akan membuat proses pembilasan lebih singkat, lebih hemat air, dan tentu saja lebih hemat listrik.

  • Tentukan Jadwal Mencuci

Jika Anda termasuk keluarga besar, tentu mencuci setiap hari bisa dilakukan untuk menghemat tenaga, dan menyisihkan waktu di akhir pekan untuk sekedar berlibur. Tapi jika di rumah hanya terdapat 3-5 orang, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak mencuci setiap hari. 

Anda bisa mulai mencuci seminggu dua kali, atau bahkan seminggu sekali. Dengan cara ini Anda akan menggunakan kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut, membuat Anda bisa mencuci lebih efektif, dan tentu saja banyak penghematan yang bisa dilakukan, mulai dari deterjen, hingga listrik.

  • Tak Perlu Menyalakan Pemanas Air

Beberapa pakaian mungkin membutuhkan air panas agar proses pencucian lebih mudah dan hasilnya jadi lebih bersih. Namun yang jadi masalah, fitur pemanas air ini membutuhkan tambahan daya listrik, dan terancam akan membuat tagihan listrik membengkak. 

Untuk mengatasinya, sebaiknya tidak perlu menyalakan pemanas air. Sebagai gantinya, Anda bisa memaksimalkan proses perendaman cucian agar kotoran lebih mudah rontok, proses mencuci lebih efektif, dan konsumsi listrik jauh lebih hemat. 

  • Tak Perlu Menggunakan Pengering

Salah satu keunggulan mesin cuci adalah, mesin pengering. Dengan menggunakannya, cucian memang tidak bisa langsung masuk lemari, tapi dengan kadar air yang lebih sedikit, proses penjemuran pakaian jadi lebih singkat, bahkan tinggal di angin-anginkan saja.

Meski tidak sebesar mesin cuci yang mengandalkan torsi atau tenaga dinamo, konsumsi daya pada mesin pengering bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Maka dari itu, untuk menghemat tagihan listrik, Anda bisa mengabaikan fitur ini. Terlebih saat cuaca diluar cukup bagus.

  • Perhatikan Kualitas Mesin Cuci

Saat ini banyak produsen mesin cuci yang mengeluarkan produk dengan tambahan fitur khusus, dan sentuhan teknologi modern agar konsumsi listrik jadi lebih hemat, tanpa mengabaikan kualitasnya dalam mencuci. Salah satunya mesin cuci HISENSE.

Selain dikenal sebagai brand yang selalu menghadirkan produk dengan harga terjangkau, HISENSE memastikan semua produk mesin cucinya berkualitas terbaik, memiliki usia pakai yang lebih panjang, dan tentu saja hemat energi. 

Ada banyak produk mesin cuci HISENSE yang bisa Anda pilih, diantaranya mesin cuci Top Loading 10.5KG-WTHD1101T, Top Loading 10.5KG-WTCS1101G, Top Loading 9KG-WTAS901G, Top Loading 8KG-WTAR801G, Twin Tub 9KG-WSAC901W, dan lainnya. 

Anda bisa memilih mesin cuci HISENSE sesuai dengan kebutuhan. Produk tersebut bisa didapat di toko elektronik terdekat, atau di e-commerce, seperti JD.ID, Shopee, Lazada, dan Akulaku.