Agar Mata Tak Lelah Ketika Menonton Televisi, Ini Tips-nya!

nonton tv dengan nyaman

“Jangan menonton televisi terlalu dekat”. Pasti kamu sering mendengar larangan ini, kan? Ya, menonton televisi dengan posisi yang terlalu dekat memang tidak baik karena bisa menyebabkan mata lelah akibat pantulan cahaya dari televisi. Tak hanya itu, jika dibiarkan terus menerus, kedua matamu bisa mengalami mata minus karena radiasi televisi, lho.

Meskipun demikian, kamu bisa mengantisipasi kondisi ini dengan cara melakukan beberapa hal berikut. Yuk, disimak!

  • Atur ulang refresh rate televisi. Untuk mencegah supaya mata tidak kelelahan sekaligus perih saat menonton televisi, alangkah baiknya kamu mengatur kembali refresh rate televisi. Menurut para ahli, angka terbaik untuk refresh rate ini adalah sekitar 120 Hz/Hertz. Biasanya, semakin tinggi angka refresh rate, maka akan semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Dengan begini, tentu mata pun tidak akan perih maupun lelah ketika menonton, kan?
  • Letakkan televisi di sumber cahaya. Agar tak ada pantulan, ada baiknya kamu meletakkan televisi dengan posisi 900 dari sumber cahaya. Melakukan ini dapat mengurangi refleksi cahaya televisi sekaligus menghindari adanya pantulan cahaya. Kalau sudah begini, kamu tentu tidak akan kesulitan melihat layar televisi serta tidak mengganggu penglihatan.
  • Tambah penerangan di ruang televisi. Meski menggunakan TV LED berkualitas dari TV Hisense, namun cahaya di ruang televisi redup maka bisa dipastikan pada saat menonton televisi matamu pasti langsung sakit dan perih. Untuk itu, tambahkanlah penerangan di ruang televisi agar kamu tidak mengalami kejadian tersebut. Dan jika perlu, ruang televisi baiknya lebih terang dibanding ruangan lain supaya pantulan cahaya televisi tidak menyakitkan mata.
  • Tepat menempatkan posisi televisi. Cek kembali di mana kamu meletakkan televisi, apakah sejajar dengan sofa atau malah lebih tinggi. Jika lebih tinggi, ada baiknya pindahkan televisi tersebut ke tempat yang lebih rendah. Tujuannya, supaya mata dan leher tidak sakit ketika kamu melihat televisi.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menonton televisi dan terhindar dari mata lelah. Semoga bermanfaat, ya!