AC Mengeluarkan Es Batu, Begini Cara Mengatasinya

Sama seperti perabotan rumah tangga lainnya, AC merupakan salah satu barang elektronik yang wajib diberi perawatan secara berkala. Jika tidak, dampaknya bisa sangat fatal. Selain usia pakainya yang lebih pendek, AC akan rawan mengalami kerusakan.

Salah contohnya, munculnya bunga es. Ini jelas kondisi yang tidak normal, tapi sangat umum terjadi. Selain berpotensi merusak komponen lainnya, kemunculan bunga es pada AC bisa menyebabkan kemampuannya dalam mendinginkan ruangan jadi kurang optimal. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

AC yang mengeluarkan bunga es bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kebocoran freon, atau terjadi sumbatan di area evaporator. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab utama kebocoran AC tersebut, agar penanganan yang dilakukan bisa tepat sasaran. 

Berikut beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi AC yang mengeluarkan bunga es. 

  • Ganti Pipa Kapiler dan Bersihkan Sistem Refrigeran

Seperti dijelaskan di atas, bunga es bisa disebabkan oleh kebocoran atau adanya sumbatan pada AC. Untuk mengatasi masalah ini, hal pertama yang wajib dilakukan adalah, membersihkan sistem refrigeran, dan pastikan tidak ada lagi sumbatan di area tersebut. 

Jika dibutuhkan, Anda bisa melakukan penggantian pipa kapiler. Proses ini memang butuh biaya yang cukup tinggi, tapi jangan khawatir karena hasilnya dipastikan lebih memuaskan. Dengan catatan, pastikan Anda memilih produk pipa kapiler berkualitas terbaik.

  • Bersihkan Evaporator

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan evaporator. Proses ini dilakukan jika Anda melihat bunga es tersebut muncul diakibatkan dari kondisi evaporator yang kotor, baik oleh kotoran atau debu yang menumpuk, bisa juga disebabkan oleh oli ke dalam pipa evaporator. 

Jangan lupa untuk mengecek juga bagian blower, filter udara dan bagian evaporator. Komponen tersebut berfungsi menjaga sirkulasi udara di sekitar evaporator tetap berjalan optimal. Jika dibutuhkan, jangan lupa untuk menambahkan refrigeran agar kinerja AC lebih maksimal. 

  1. Segera Gudangkan AC Anda!

Dalam kondisi tertentu, kerusakan pada AC bisa terjadi sangat parah. Ketimbang menghabiskan banyak dana untuk melakukan perbaikan, tanpa adanya jaminan AC Anda akan tetap ‘sehat’ dalam jangka panjang, mungkin menggudangkan AC lama bisa jadi solusi terbaik. 

Sebagai gantinya, pastikan untuk memilih produk AC dari HISENSE, brand yang yang sudah lama dikenal sebagai produsen AC berkualitas tinggi dengan harga yang sangat bersahabat. 

Selain itu, AC HISENSE dilengkapi dengan banyak fitur menarik, seperti Smart Mode, LED Display dan Self Cleaning, Self-Diagnosis & Automatic Protection, Quiet Mode, Golden Fin (Indoor & Outdoor), Evaporator Self-clean, Gas Leakage Detection, dan 100% Copper Pipe.

Anda juga tidak perlu khawatir karena AC HISENSE sudah menggunakan refrigerant freon R32 yang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak ozon. Jangan khawatir, ada garansi hingga 2 tahun untuk sparepart, dan garansi hingga 5 tahun untuk kompresor. 

Ada banyak pilihan produk AC HISENSE yang bisa Anda pilih, diantaranya AC SPLIT 1,5PK – AN12CDG, AC SPLIT 2PK – AN18CDG, AC SPLIT 1PK – AN09CDG, AC SPLIT 0,5PK – AN05CDG, dan AC SPLIT 0,5PK – AN05CEG, dan lainnya.

Produk-produk tersebut bisa didapat di Electronic City dan toko elektronik terdekat Anda, atau membelinya di toko e-commerce seperti JD.ID, Akulaku, Shoppee, dan lainnya. 

Recent Posts

Beyond Glory UEFA EURO 2024 Resmi Dimulai, Hisense Bersinar Di Lokasi Perhelatan Olahraga Bergengsi Tahun Ini
UEFA EURO 2024 telah dimulai pada tanggal 14 Juni lalu waktu Jerman dan diawali dengan pertandingan pembuka di Allianz Arena, Munich antara tuan rumah
Read More
19 Juni 2024
Tonton Keseruan UEFA EURO 2024™ Bersama Televisi Hisense TV QLED 4K Q6N
Jakarta, 10 Juni 2024 – Hisense sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global terus berinovasi akan produk-produk mutakhir yang di
Read More
14 Juni 2024
Hisense Resmi Menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) UEFA EURO 2024™
Qingdao, 28 Mei 2024 – Sebagai perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga global, Hisense sebagai official partner UEFA EURO 2024™ mengumumk
Read More
28 Mei 2024