Yuk Kenali Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler

Ada dua produk yang cukup populer dan sering digunakan sebagai alat untuk melawan gempuran udara panas, yakni AC atau Air Conditioner dan air cooler. Meski secara fungsi dan fisik keduanya berbeda, namun faktanya banyak orang yang masih bingung untuk membedakan keduanya. 

Nah biar Anda nggak salah tunjuk, berikut merupakan perbedaan antara air conditioner dan air cooler.

  • Dari Segi Fungsi

Seperti disebutkan diatas, baik air conditioner maupun air cooler, keduanya sama-sama berfungsi menjaga kelembaban udara dan menghasilkan udara sejuk di dalam ruangan. 

Bedanya, AC bisa digunakan untuk menurunkan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan, sementara air cooler terbatas untuk menyegarkan, dan menjaga agar ruangan tidak pengap. Singkat kata, air cooler hampir mirip dengan ventilasi udara, tapi dengan target penyejukan yang lebih spesifik.

  • Penggunaan Daya 

Keduanya sama-sama dijalankan dengan menggunakan energi listrik. Bedanya, karena fungsi air cooler yang lebih sederhana, otomatis daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankannya tergolong kecil. Sementara AC membutuhkan daya yang lebih tinggi. 

Sama seperti AC, air cooler sendiri terus berevolusi. Bahkan saat ini ada produk air cooler mini yang bisa digerakkan dengan tenaga baterai, dan bisa dibawa kemana saja. 

  • Cara Pemasangan 

Umumnya air conditioner dipasang secara permanen. Misalnya AC Split yang dipasang menempel di dinding. Sementara air cooler bersifat portable. Produk ini bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan, dan dilengkapi dengan roda sebagai media penggeraknya.

Bahkan seperti disebutkan diatas, kini ada produk air cooler mini yang bersifat portable dan bisa dibawa kemana saja, dengan sumber daya berupa baterai. 

  • Dari Segi Perawatan

Seperti dijelaskan di atas, sistem air cooler terbilang lebih sederhana, sehingga perawatannya pun jauh lebih mudah. Anda hanya perlu membersihkan kisi-kisi dan sela-sela kipas, dan sesekali membukanya untuk menyingkirkan debu yang menempel di dalamnya. 

Sementara AC perawatannya cukup rumit, bahkan untuk pembersihan secara menyeluruh sekaligus pengecekan freon dan lainnya, Anda membutuhkan tenaga ahli.

  • Mana Yang Lebih Baik

Kedua produk dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika dilihat secara fungsi dan manfaatnya yang lebih luas, AC jauh lebih direkomendasikan. Pasalnya, AC bukan hanya menyejukan, tapi juga dapat mengatur suhu ruangan Anda. 

Kelebihan lainnya, beberapa produk AC kini dilengkapi dengan fitur pemurni udara yang tidak hanya menyejukkan, tapi juga menyehatkan. 

Terkait perawatan, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak produk AC yang dilengkapi dengan teknologi pintar sehingga mampu membersihkan dirinya sendiri. Selain itu, penggunaan daya AC pun kini sudah jauh semakin hemat.

Jika Anda tertarik membeli AC, ada banyak brand ‘jagoan’ yang bisa Anda pilih, salah satu yang terbaik adalah HISENSE yang menawarkan beberapa produk unggulan, seperti AC Split 2PK – AN18CDG, AC Split 1.5PK – AN12CDG, AC Split 1PK – AN09CDG,  dan lainnya. 

Produk-produk tersebut dilengkapi dengan banyak fitur modern yang akan memudahkan, dan mampu memberikan kenyamanan yang lebih maksimal, seperti R32 Refrigerant, Evaporator Self-clean, Golden Fin (Indoor & Outdoor), 100% Copper pipe, Super Quite (low to 22dB), dan lainnya. 

Mahal? Tentu saja tidak, semua produk HISENSE dikenal terjangkau, tapi kualitasnya di atas rata-rata. Anda bisa mendapatkan produk-produk tersebut di Electronic City atau toko elektronik terdekat, atau di situs e-commerce seperti JD.ID, Lazada, Akulaku dan Shopee.

Recent Posts

Hisense HVAC Turut Memeriahkan Pameran RHVAC Indonesia 2024
Jakarta, 26 September 2024 – Sebagai perusahaan global elektronik konsumen dan komersial, Hisense HVAC kembali unjuk gigi dengan berpartisipasi pada
Read More
26 September 2024
Hisense Menyalurkan Monitor 55 inch untuk Mendukung Proses Pembelajaran Lebih Interaktif
Jakarta, 19 September 2024 – Sebagai perusahaan global elektronik dan peralatan rumah tangga konsumen, Hisense menyalurkan monitor 55inch untuk kegi
Read More
20 September 2024
Rasakan Kecerdasan Kehidupan Masa Depan Bersama Hisense di IFA 2024
QINGDAO CHINA, September 7, 2024 – Hisense sebagai perusahaan global dalam peralatan rumah tangga dan elektronik konsumen, meluncurkan solusi rumah
Read More
07 September 2024